KSAL Lantik Danpuspenerbal dan Tiga Panglima Komando Armada RI

SURABAYA (kabarsurabaya.com)  Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Dr Marsetio memutasi empat perwira tinggi di jajaran TNI AL. Serah terima jabatan itu dilakukan di Dermaga Ujung Komando Armada Timur (Koarmatim) Surabaya.

Laksamana TNI Dr. Marsetio, M.M

Empat perwira tinggi yang dimutasi yaitu Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim), Panglima Komando Armada Kawasan Barat (Pangarmabar), Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), serta Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal).

Laksamana Muda TNI Agung Pramono sebelumnya menjabat sebagai Pangarmatim, digantikan Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim. Sedangkan Sri Mohamad Darojatim sebelumnya menjabat sebagai Pangkolinlamil dan Agung Pramono akan ditempatkan sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkat Laut (Asrena Kasal).

Untuk Pangarmabar yang sebelumnya dijabat Laksamana Muda TNI Arief Rudianto digantikan Laksamana Muda TNI Ingn Ary Atmaja. Arief Rudianto akan menempati jabatan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal).  Berikutnya Pangkolinlamil yang sebelumnya dijabat Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim, digantikan Laksamana Pertama TNI Arie Henrycus Sembiring, yang selama ini menjabat sebagai wakil Asisten Operasi KSAL.

Dan Komandan Puspenerbal yang sebelumnya Laksamana TNI I Nyoman Nesa, digantikan Kolonel Laut (P) Sigit Setiyanta, yang selama ini menjabat Dan Lanudal Juanda. Sigit yang kini berpangkat Kolonel atau perwira menengah dengan tiga melati di pundak ini dipromosikan menempati jabatan bintang satu.

Kasal Laksamana TNI Dr Marsetio  mengatakan, mutasi jabatan dalam rangka meningkatkan kualitas komando utama operasi yang dimiliki TNI AL. Dimana Koarmatim, Koarmabar, Kolinlamil, dan Puspenerbal bertugas membina kekuatan dan kemampuan komponen sistem senjata armada terpadu (SSAT). “Di dalamnya terdiri KRI, Pesawat Udara, Marinir, dan pangkalan guna melaksanakan operasi militer untuk perang, operasi laut dan lainnya.

Sehingga dengan mutasi jabatan ini akan lebih mampu membina potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan negara di Laut,” kata Laksamana TNI Marsetio kepada wartawan, Jumat (23/5/2014). Pelaksanaan  sertijab Pangarmatim, Pangarbar, Pangkolinlamil, dan Danpuspenerbal, dijadikan satu, karena semua pejabat strategis di jajaran TNI AL akan mengkomandani dalam latihan TNI terbesar 2014 pada minggu depan.

“Para komandan ini nanti akan menjadi komandan dalam latihan TNI nanti, khususnya TNI AL,”  tegas perwira tinggi dengan empat bintang di pundak itu. Latihan TNI nanti, TNI AL akan berperan dalam pembinaan yang sudah dilaksanakan di TNI AL. Latihan akan diawali dari Surabaya, sekitar Laut Jawa, dan Samudera Indonesia. Hal itu sesuai dengan arahan dari Panglima TNI, dalam pembukaan latihan TNI di Jakarta beberapa waktu lalu. Dimana TNI AL khusus membidangi dalam hal kelautan.  (red)

Leave a Reply