Pangarmatim Buka Bersama Forpimda Jatim

SURABAYA ​Memasuki hari ke-9 ibadah puasa bulan Ramadhan 1436 Hijriah, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H, M.A.P melaksanakan buka puasa bersama dengan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Jawa Timur bertempat di Rumah Dinas Pangarmatim Jln Yos Sudarso Surabaya, Jumat (26/6).

Malam itu yang nampak hadir Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum., Wakil Gubernur Jatim Drs. Saifullah Yusuf, Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Eko Wiratmoko, Komandan Kobangdikal Laksda TNI I.N.G.N. Aryatmaja, S.E., Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E.

Serta Kepala Staf Koarmatim Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M,Si, Komandan Guspurlatim Laksma TNI ING. Ariawan, S.E, Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Danpuspenerbal), Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksma TNI Siswo HS, ST, MMT., Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla).

Dan Komandan Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) Laksma TNI Semi Djoni Putra, para Asisten Pangarmatim, Komandan Satuan Kapal, Kasatker Koarmatim dan Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto beserta pengurus Jalasenastri Armatim.

Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan bahwa buka puasa bersama merupakan salah satu upaya untuk mempererat hubungan silahturahmi yang bertujuan meningkatkan rasa kebersamaan sehingga akan lebih meningkatkan soliditas dan solidaritas dalam mengemban tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

Lanjut Pangarmatim bahwa sampai saat ini Koarmatim tetap mempunyai komitmen yang kuat dalam bersinergi dengan anggota FKPD Provinsi Jatim guna mendukung terwujudnya Jatim yang lebih Maju serta menjaga stabilitas kemanan khususnya wilayah laut yang kondusif.

Sebelum Buka Puasa Bersama dimulai dilaksanakan Ceramah Kultum Menjelang Buka Puasa yang di sampaikan oleh KH. Ir. Achmad Busromi Chusnan yang merupakan Takmir Masjid Sunan Ampel dengan topik Bagaimana menjadi pemimpin yang amanah.

Dalam ceramahnya KH. Ir. Achmad Busromi Chusnan menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin yang amanah harus mempunyai memenuhi empat sifat yaitu Shiddiq yang artinya benar dalam ucapan maupun perbuatan, Tabligh artinya menyampaikan suatu kebenaran, Amanah artinya benar-benar bisa dipercaya serta yang terakhir adalah Fathonah yang berarti seorang pemimpin harus Cerdas.

​Pembatalan puasa setelah terdengar adzan Magrib, kemudian dilanjutkan dengan sholat Magrib. Usai sholat Magrib, diteruskan dengan berbuka puasa bersama dengan diiringi lagu-lagu qosidah dari grub qosidah Koarmatim As-Salam dengan jumlah personel 12 orang yang terdiri dari Prajurit Koarmatim. Setelah berbuka, dilanjutkan dengan sholat tarawih dengan imam KH. Ir. Achmad Busromi Chusnan. (Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman/red)

Leave a Reply