KRI John Lie-358 Lambaikan Senyum Ke USS Preble DD-88

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Pagi yang cerah, lautan yang bergelombang dan hembusan angin yang menyejukkan. Tampak berjajar kapal perang dengan gagahnya berlayar beriringan membelah laut Jawa yang indah.

Tak beberapa lama tampak satu persatu kapal perang itu saling susul menyusul mendekat satu sama lain hingga jarak yang sangat dekat kemudian saling meninggalkan.

​KRI John Lie – 358 yang berada pada urutan kedua dari formasi tersebut menyusul menuju sisi kiri dari USS Preble DD-8
hingga sangat dekat pada jarak 500 yard atau sekitar 480 meter. Kemudian kedua kapal saling melambaikan tangan dan saling mengambil gambar kemudian KRI John Lie-358 menambah kecepatan dan berbelok kek kiri dengan sangat cepat.

​Kejadian ini berlangsung saat unsur-unsur yang terlibat sea phase LATMA CARAT 2015 melaksanakan serial latihan Leapfrogs. Kegiatan in melatih kemampuan perwira Navigasi dan seluruh pengawak kapal dalam mempertahankan posisi kapal agar tetap aman walau pada jarak terdekat sekalipun. Hal ini yang sering dilaksanakan pada saat kapal akan melaksanakan peran RAS (Replanishment At Sea).

​Pada latihan ini seluruh kapal yang terlibat yaitu KRI john Lie-358, KRI Diponegoro-365, USS Preble DD-88 dan USS Fort wort LCS-3 melakukan olah gerak kapal yang sama saling bergantian satu sama lain. Kegiatan ini sekaligus sebagai wujud simbolis bahwa unsur-unsur ini akan segera berpisah. (pen/red)

Leave a Reply