GOW Gelar Bakti Sosial di Panti Werda Hargo Dedali

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) kota Surabaya menunjukkan perhatian dan kepeduliannya pada para lansia perempuan, dengan melakukan aksi bakti sosial berupa sembako dan bantuan dana untuk keberlangsungan hidup para penghuni panti Werda Hargo Dedali yang berjumlah 45 orang dengan rata-rata usia 60 sampai 114 tahun.

Suasana Keakraban Tali Asih Gabungan Organisasi Wanita Surabaya di Panti Werda Hargo Dedali

Ketua umum GOW kota Surabaya, Asrilia Kurniati mengaku, sempat terharu melihat kondisi perempuan usia lanjut yang meski jauh dari keluarga, masih bisa berbagi senang dan tawa dengan sesama usia senja yang ada dipanti.

“GOW selama ini terus aktif dan peduli terhadap kegiatan maupun program organisasi perempuan. Termasuk mengunjungi panti werdamaupun melakukan berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan pelatihan sulam kerajinan khas Surabaya dan konsolidasi dari 33 induk organisasi di kota Surabaya,” terangnya di Surabaya, Jumat (20/11/2015).

Asrilia juga menambahkan, diadakannya kegiatan ini juga terkait dengan rangkaian HUT organisasi perempuan di kota Surabaya ini, melalui berbagi kasih, mulai seperti tabur bunga di makam pencipta lagu Indonesia Raya WR. Supratman, maupun kunjungan panti werda dengan melakukan baksos.

“Ini adalah wujud dari kepedulian antar perempuan yang sebagian besar sudah berjasa dan mengabdi kepada keluarga dan negara semasa usia produktif hingga usia lansia. Dan sampai saat ini masih membutuhkan uluran perhatian dan dukungan baik materi dan non materi dari para dermawan yang peduli,” jelas Asrilia.

Sementara ketua panti Tresna Werdha, Endang Sinargianti, mengatakan bahwa tidak semua perempuan usia lanjut bisa menjadi penghuni panti. Yang utama adalah kerelaan keluarga dan kondisi kesehatan lansia.

Ditambahkan, pada awalnya keberadaan panti yang berdiri sejak 30 januari 1987 ini hanya untuk pejuang saja. Namun setelah 15 tahun kemudian, baru diijinkan menerima penghuni dari kalangan umum.

“Dan alhamdulillah semua penghuni Panti Werda Hargo Dedali ini, 90 persen dihuni muslim dan mendapat bimbingan rohani, serta mendapat binaan perilaku layak seperti kegiatan positif menyanyi bersama, mengaji dan senam,” tutupnya. (Bm/Ep)

Leave a Reply