Dinas PMK Usulkan Tambah Empat Unit Mobil Pemadam Kebakaran

SURABAYA Dinas PMK Kota Surabaya pada tahun 2016 mengusulkan untuk menambah empat unit mobil PMK. Usulan penambahan armada ini sudah diajukan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Surabaya tahun anggaran 2016.

Dinas PMK Usulkan Tambah Empat Unit Mobil Pemadam Kebakaran

“Usulan 4 unit mobil PMK ini untuk menambah jumlah armada yang ada. Masing masing dua unit untuk kapasitas lima ribu liter dan dua unit untuk tiga ribu liter,” ujar Kepala Dinas PMK Chandra Oratmangun, Senin (23/11/2015).

Dari pengajuan empat unit mobil PMK itu dialokasikan anggaran masing masing untuk kapasitas lima ribu liter sekitar Rp 1,5 miliar dan untuk kapasitas tiga ribu liter sekitar Rp 1,2 liter.

Dengan penambahan armada mobil PMK yang berkapsitas sedang ini harapannya ketika terjadi kebakaran di lokasi padat penduduk bisa lebih terjangkau.

Meski saat ini diakui untuk antisipasi kebakaran di kawasan padat penduduk sudah ada upaya pencegahan. Seperti dengan membuat sumur pompa.

Dengan penambahan mobil PMK ini jika disetujui dewan mana Dinas PMK bakal mempunyai 41 unit. Sedangkan saat ini khusus mobil PMK ada 37 unit.

“Untuk armada saat ini rata rata kapasitas muatan airnya tergolong besar yaitu sekitar 10 ribu liter dan ada yang 5 ribu liter,” tegasnya.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Surabaya Binti Rohmah ditempat terpisah mengatakan jika usulan pengadaan mobil pemadam kebakaran ini dirasa memang diperlukan. Apalagi Surabaya yang padat penduduk juga rawan terjadi kebakaran.

“Menurut saya ini perlu karena untuk antisipasi jika terjadi kebakaran,” kata politisi asal Partai Golkar ini. (Ep)

Leave a Reply