Pelatihan BacaCepat Cocok untuk Isi Liburan Siswa

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Untuk mengisi waktu liburan, beberapa siswa ada yang memilih beragam kegiatan. Ada yang belajar di rumah, bertamasya ada pula yang menambah bekal keilmuan. Seperti yang dilakukan tiga bersaudara ini, M Alif Ananto, siswa kelas XII SMA Al Hikmah, Surabaya dan dua adiknya masing-masing Arief, siswa SMA Al Hikmah kelas X dan M Ariq Ananto, siswa kelas V SD Al Hikmah, Surabaya.

Mereka mengisi liburan dengan mengikuti pelatihan BacaCepat WBA Speed Reading yang digelar di JX Internasional pada Minggu (15/5/2016).

Nono Suparno, Direktur Lembaga Pelatihan BacaCepat WBA Speed Reading bersama M Alif Ananto (kanan), Arief (tengah) dan M Ariq Ananto (berkacamata).

“Pertama kali dengar ada pelatihan ini, saya pikir mbujuki ternyata tidak. Setelah mengikuti pelatihan, ternyata memang benar-benar bisa baca cepat,” kata M Alif Ananto, kemarin.

Dia mengaku selama mengikuti pelatihan yang dilaksanakan mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB itu, prosesnya diakui mengasyikkan dan tidak membosankan. Yang terpenting baginya, agar bisa baca cepat adalah mengikuti instruksi instruktur dan perlu konsentrasi.

“Kuncinya sederhana, perlu konsentrasi saja,” terangnya.

Pengakuan yang sama disampaikan adiknya yakni Arief, siswa SMA Al Hikmal Kelas  X. Selama mengikuti pelatihan, diakui mengaku metode yang disampaikan juga asyik. Dimana cara membaca dengan cara meraba tulisan dengan jari itu diakui terbukti bisa membaca buku dengan cepat dan mengerti isinya.

Founder of BacaCepat WBA Speed Reading, Drs Toha Maksum, MMPd saat memberi pelatihan di JX Internasional, Surabaya

“Tadi saya bisa baca 200 halaman,” kata Arief.

Yang mengejutkan malah datang dari adiknya, M Ariq Ananto, yang masih duduk di bangku kelas V, SD Al Hikmah Kelas. Saat mengikuti pelatihan BacaCepat WBA Speed Reading, dirinya tergolong peserta dengan bacaan paling banyak yakni mencapai 757 halaman.

“Tadi buku yang saya baca “Hafalan Sholat Delisa”. Menceritakan Delisa yang ingin menghafal hafalan shalat,” kata Ariq sapaan akrab M Ariq Ananto.

Sementara itu, Founder of BacaCepat WBA Speed Reading, Drs Toha Maksum,, MMPd. mengatakan teknik membaca cepat dilakukan dengan tangan diletakan diatas tulisan yang berada dibuku. Tujuannya agar bisa fokus dengan melibatkan keseluruan otak agar bisa menyimpan tulisan yang dibaca.

“Semua peserta pasti bisa. Karena ini metode baru dalam membaca secara keseluruhan tidak membaca kata demi kata,” kata Drs Toha Maksum, MMPd. (ks/red)

Leave a Reply