Awas !! Beredar Daging Babi Disamarkan Dijual Sebagai Daging Sapi

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Penjualan daging sapi yang dipalsukan kembali terjadi. Kali ini Unit Tipidter Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasul mengungkap pelaku penjualan daging nakal. Tiga penjual daging diamankan karena kedapatan menjual daging sapi dicampur daging babi atau daging celeng. TIndakan nakal itu dilakukan karena pedagang ingin meraup keuntungan melibat di bulan Ramadhan.

Ketiga tersangka yang berhasil diamankan itu diantaranya TM (41), AS (34) dan BN (41). Para tersangka ini ditangkap dilokasi yang berbeda dengan cara mereka memperdagangkan dagangannya juga beda. TM, misalnya dia merupakan pedagang sayur mayur yang membuka lapaknya di depan rumah tempat tinggalnya. Menurut pengakuannya, tersangka pada Kamis (9/6/2016) mendapatkan daging dan paru babi di Pasar Wonokromo. Selanjutnya tersangka menjualnya dengan menyamarkannya sebagai daging sapi dan menjualnya dengan harga Rp 9000/ons.

Tersangka penjual daging babi yang disamarkan menjadi daging sapi diamankan bersama barang bukti di Polrestabes Surabaya.

Sedangkan tersangka BN merupakan pedagang yang membuka lapak di Pasar Lakarsantri, cara memperdagangkannya berbeda dengan TM. Dimana BN menjual daging sapi aslinya dengan cara menggantungkannya menggunakan centelan dan daging babinya diletakkannya di meja dengan mengatakan bahwa daging babi yang ditaruh diatas meja merupakan daging sapi kwalitas agak jelek.

BN menjual harga celeng atau daging babi itu seharga Rp 95.000/ kg. Sedangkan daging sapi yang asli yang digantung dijualnya dengan harga Rp. 97.000/kg. Sementara tersangka AS, pria berusia 34 tahun ini yang sehari- hari berjualan sayur/ daging keliing (rengkek) menjual dagingnya dengan cara mengemasnya terlebih dahulu di dalam plastik masing- masing 1/4 kg atau menjadikannya 1 kg daging menjadi 8 kantong plastic. Dan paru babi seberat 1,5 kg dikemasnya menjadi 4 kantong plastic.

Setelah itu tersangka memperdagangkan daging sapi dan paru yang aslinya adalah daging celeng dan paru babi tersebut di daerah perumahan Wadung Asri, Perumahan Tropodo dan Perumahan Griyo Mapan Sentosa, Waru. Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Shinto Silitonga didampingi Kasubbag Humas Kompol Lily Djafar dan Dr. Soelih estopangesti, drh dosen dept kesmavet FKH Unair mengungkapkan, penangkapan ini berawal dari anggota kami yang mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya penjualan daging sapi yang dipalsukan.

“Untuk itu anggota kami langsung bergerak mencari tersangka dan dapat diamankanlah 3 tersangka penjual daging palsu ini.” Kata AKBP Shinto Silitonga. (kjt/red//kabarjawatimur.com)

Tags: 

Leave a Reply