Festival Buah dan Bunga Nusantara Internasional 2016, Diikuti Ratusan Pelaku Industri

BOGOR (kabarsurabaya.com) – Ratusan Pelaku Industri Buah dan Bunga Nusantara, berkomitmen akan mengikuti Festival Buah dan Bunga Nusantara Internasional 2016 (FBBNI-2016).

Pelaku Industri Buah dan Bunga itu, berasal dari kelompok produk benih dan bibit, pupuk, pestisida dan hormon, buah dan bunga segar, buah dan bunga olahan, industri kesehatan berbahan baku buah dan bunga, industri pariwisata berbasis kebun buah dan bunga nusantara, peralatan pertanian, mesin pertanian, media pertanian, outlet buah dan bunga, dan Lembaga Keuangan/Pembiayaan.

Festival Buah dan Bunga Nusantara Internasional 2016, Diikuti Ratusan Pelaku Industri

Sebagaimana diketahui, tahun ini, Indonesia akan menyelenggarakan Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN)  bertaraf Internasional di Kota Bogor pada 17-20 November 2016. Dan untuk mempersiapkan hal itu, Pelaku Industri Buah dan Bunga tersebut, kemarin, Kamis (21/7/2016) mengikuti sosialisasi penyelenggaraan FBBNI di Bogor.

FBBN Internasional 2016  akan menghadirkan 500 International Trade Visitor, yang berasal dari kalangan Bisnis Internasional (Importir/Distributor/Wholesaler/Agent/Retailer), Manufacturing produsen makanan dan minuman olahan, Asosiasi atau Kamar Dagang Negara Tujuan Ekspor, Institusi Pemasaran Internasional, serta Institusi Kerjasama Perdagangan Internasional.

Negara-negara yang akan hadir meliputi negara ASEAN (9 negara), Asia (China, Japan, Taiwan, South Korea), Timur Tengah (UAE, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, Jordan), Australia dan NZ, Eropa, dan Amerika

Sementara diperkirakan, sebanyak 20.000 pengunjung dalam negeri akan menghadiri acara ini, yang berasal dari berbagai kalangan, baik  pelaku usaha buah dan bunga nusantara, baik yang segar maupun olahan, termasuk berbagai  sarana penunjangnya, Institusi Pemerintah, maupun Masyarakat Umum.

Diselenggarakannya FBBN bertaraf internasional ini, merupakan perintah Presiden Jokowi secara langsung kepada Menteri Pertanian dan Institut Pertanian Bogor, agar Indonesia pada tahun 2016 mampu mengadakan kampanye Buah dan Bunga Nusantara kepada masyarakat dunia, dengan memamerkan produk-produk unggulan yang berpotensi ekspor dan mendatangkan buyer internasional dari berbagai negara.

“FBBN bertaraf Internasional diselenggarakan dengan mengeksplorasi kekayaan buah dan bunga nusantara dan mempromosikan potensi ekspornya ke mancanegara, sebagai bagian dari program Gerakan Revolusi Oranye,” ungkap Meika Syahbana Rusli, Ketua Penyelenggara FBBN Internasional 2016, dihadapan pelaku Industri Buah dan Bunga.

Gerakan Revolusi Oranye adalah gerakan pengembangan buah nusantara secara revolusioner dalam skala perkebunan.

Meika juga menjelaskan bahwa FBBN Internasional ini, bertujuan untuk meningkatkan jumlah  dan kapasitas produsen dan eksportir, dalam memproduksi dan  memasarkan buah dan bunga Nusantara berkualitas ekspor. Juga untuk membantu meningkatkan kesadaran akan standar kualitas ekspor dan kebutuhan pasar bagi para produsen dan eksportir buah dan bunga Nusantara.

“Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas, jumlah, konsistensi dan kesinambungan dari produk buah dan bunga Nusantara yang berkualitas ekspor. Serta mempromosikan kekayaan dan keragaman buah dan bunga Nusantara, berikut potensinya ke pasar global,” tambahnya.

Adapun jenis-jenis kegiatan Internasional yang akan dilaksanakan, diantaranya; Exhibition, Novelty (Innovative Product), Business Matchmaking, Export Business Coaching, dan Conference. Sedangkan Program Nasional yaitu Fruit Contest, Fruit and Floriculture Room Decoration Contest, Fruitpreneur Got Talent, Sales Exhibition, Carnival, Various Competitions. (EP)

Leave a Reply