U.S Navy dan TNI AL Rampungkan Bangunan Kelas Baru di SDN Cemandi, Sidoarjo

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut yang tergabung dalam latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016 bersama United States Navy menyerahkan kunci secara simbolis dalam acara peresmian dua kelas baru di SDN  Cemandi  406, Sidoarjo. Sabtu, (03/09/2016).

Pemotongan pita penanda selesainya pembangunan kelas baru

Pembangunan sekolah yang terletak di Jalan Soponyono Rt.01/01 No. 10 Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur berlangsung sejak 20 Juli s.d. 03 September 2016 berhasil dikerjakan dengan baik oleh Satuan Tugas (Satgas) Engineering Civic Action Program (Encap) dalam hal ini 40 Prajurit Marinir TNI AL dari Resimen Bantuan Tempur 1 Zeni dibawah kendali Komandan Unsur Tugas (UT) yaitu Kapten Marinir Putu Dwi Amir Syarifudin dan Komandan Satgas Renovasi Lettu Marinir Nasrudin. bekerjasama dengan U.S. Navy dari Seabees Naval Mobile Construction Battalion (NMCB) 4 beranggotakan 16 personil terdiri 3 personil wanita dan 13 personil pria yang diketuai oleh Lieutenant Michele Fitzgerlend.

Dalam acara Encap 2016 closing ceremony of joint exercise ditampilkan pentas seni dari anak-anak sekolah SDN Cemandi 406 yang menunjukkan kebolehannya mulai dari tarian jaipong, gemu famire, angklung, dan reog. Selain itu sebelum meresmikan bangunan kelas baru, perwakilan siswi yaitu Farasifa Nabila Kadir menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Seabees dan TNI AL karena di hari spesial ini yang juga dalam rangka HUT RI ke-71 merasa bangga atas kontribusi dan bantuan kepada sekolah kami dengan memberikan bangunan kelas baru.
Selanjutnya, Captain H.B. Li selaku Komandan Satgas U.S. Navy yang sehari-harinya menjabat sebagai Commander Destroyer Squadron (Comdesron) 7 menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat baik dari TNI AL, Seabees, Konjen Amerika Serikat di Surabaya, pihak SDN Cemandi dan para siswa atas dukungan dan kerja kerasnya sehingga pembangunan dua kelas tambahan di sekolah dapat berjalan dengan baik.
Sedangkan dalam sambutan Komandan Satgas Carat 2016 yakni Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo yang kesehariannya menjabat Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim mengatakan bahwa, kerjasama tahunan ini merupakan yang ke-22 kalinya antara Angkatan Laut Amerika dan TNI AL. Kegiatan pembangunan ini adalah bagian dari Carat yang tergabung dalam Satgas Encap. Kerjasama tidak hanya di bidang militer namun juga bersifat kemasyarakatan salah satunya yaitu pembanguann fisik kontruksi.
Dansatgas Carat mengharapkan hasil yang sudah dikerjakan melalui realiasaasi bangunan kelas di SDN Cemandi 406 dapat menjadi aset berhrga dan investasi yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga semua murid lebih semangat belajar dan kegiatan belajar-mengajar lebih baik dari sebelumnya.
Dalam acara penyerahan kunci dari Wakil Bupati Sidoarjo yaitu Bapak H. Nur Ahmad Saifudin kepada Kepala Sekolah SDN Cemandi 406 Ibu. Anisa,S.Pd., M. Pd., yang disaksikan oleh pihak TNI AL dan U.S. Navy merupakan tanda peresmian bangunan sekolah dengan luas bangunan 7 x 16 Meter. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan melihat bangunan sekolah secara langsung oleh seluruh pejabat terkait.
Hadir dalam acara peresmian tersebut diantaranya, Konjen Amerika Serikat di Surabaya Mrs. Heather Variava, Paban III/Lat Sopsal Kolonel Laut (P) Muhammad Zainal, Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo, Kepala UPT Sedati, dan para guru serta siswa-siswi SDN Cemandi 406 yang nampak akrab dengan para tentara Paman Sam. (ks/red)

Leave a Reply