Bridgestone Astra Indonesia Resmikan Pabrik Pertama

PURWAKARTA (kabarsurabaya.com) – Dengan komitmen untuk mengembangkan industri komponen otomotif yang kuat, kompetitif, dan dapat menjadi mitra yang strategis bagi pelaku industri domestik dan regional, Bridgestone Astra Indonesia (BAI), yang merupakan salah satu anak perusahaan Astra Otoparts, meresmikan pabriknya di Kampung Nagrog, Purwakarta, pada hari Jumat (23/9/2016).

Sebelumnya pada tanggal 2 Juli 2015 lalu, Astra Otoparts (49%) dan Bridgestone Corporation Japan (51%), telah menandatangani perjanjian kerjasama untuk mendirikan Bridgestone Astra Indonesia yang menaruh perhatian khusus terhadap pembuatan produk anti vibrasi yang berkualitas.

Bridgestone Astra Indonesia Resmikan Pabrik Pertama

Oleh karena itu, untuk memenuhi proses manufaktur dengan teknologi dan kualitas standar internasional Bridgestone yang sesuai dengan nilai dan standar Astra, pada bulan Desember 2015, BAI mulai membangun pabriknya di Kampung Nagrok Purwakarta dan telah selesai pada bulan Juni 2016 lalu.

Prosesi seremonial peresmian pabrik BAI dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Fadil Karsoma, dan dihadiri oleh jajaran dewan direksi BAI, Astra Otopart, Bridgestone Corporation Japan, dan perwakiian direksi dari para perusahaan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia, seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, Nissan, Hino, Honda, Isuzu dan Mitsubishi, serta jajaran pemerintah dan aparatur setempat.

Pabrik dengan lahan seluas dua hektar yang menelan investasi sekitar Rp 115 milyar ini, memiliki kapasitas awal sekitar 5 Juta unit per tahun,  telah beroperasi secara massal sejak soft opening pada tanggal l Juni 2016 lalu unluk memproduksi Anti Vibration Product (AVP) untuk kendaraan roda empat, berupa engine, mounts, bumper rubber, support rubber, suspension bush, Dan exhaust mounts untuk pasar Original Equipment Manufacture, Original Equipment for spareparts.

Diantaranya adalah untuk memenuhi kebutuhan Toyota Sienta, Astra Daihatsu Sigra, Dan Astra Toyota Calya. Rencananya di tahun 2018 BAI akan memaksimalkan kapasitas produksi pabriknya menjadi sekitar 9 juga per tahun.

Diharapkan dengan diresmikannya pabrik tersebut, BAI dapat memberikan kontribusi positif untuk menjadi supplier komponen otomotif kelas dunia, sebagai mitra pilihan utama di Indonesia yang didukung oleh kemampuan engineering yang handal. (EP)

Leave a Reply