Astra Terus Kembangkan Kpedulian Usaha dan Masyarakat Melalui YDBA

SIDOARJO (kabarsurabaya.com) – PT Astra Internasional Tbk. sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia, selalu menunjukkan komitmennya untuk turut serta dalam membangun bangsa dan Negara Indonesia, agar lebih maju dan mampu memiliki daya saing.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembinaan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia, yang dilakukan oleh lembaga bentukannya yaitu  Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

Head of Public Relation PT Astra Internasional Tbk, Yulianwarman, saat melihat beberapa hasil karya UKM binaan LPB Mitra Bersama Waru Sidoarjo

Beberapa waktu lalu, rekan-rekan media sempat diajak untuk melihat kegiatan dan hasil dari Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Waru Sidoarjo, yang merupakan salah satu dari 16 LPB yang telah didirikan YDBA tahun 2009.

Dimana hingga tahun 2015, LPB yang beralamat di jalan Kolonel Sugiono no 16 Kureksari Waru Sidoarjo ini telah membina sebanyak 604 UMKM dibidang Manufaktur, Bengkel dan Kerajinan.

Seperti disampaikan koordinator LPB, Achmad Nur Falakhudin, meski UMKM yang dibina cukup banyak, tetapi tidak semua aktif.

“Meski begitu, dari para UMKM yang aktif telah menunjukkan hasil yang signifikan,” jelas Achmad.

Dalam kesempatan itu, Achmad juga menjelaskan mengenai kemajuan para UKM yang dibina dengan bantuan dana CSR Astra ini. Dimana sebagian besar UMKM yang ada memproduksi barang-barang kerajinan dan barang dari logam karena di sini dekat industri logam.

“Saat ini kami ada 4 UKM yang dibina untuk bisa menjadi vendor Astra Motor. Kami tengah menjalani trial khusus spare part roda dua. Kalau trial ini lancar kami akan menjadi salah satu penyuplai resmi,” tambahnya.

Rumah pintar adalah salah satu kegiatan yang dilakukan di Kampung Berseri Astra

Sementara untuk hasil produksinya, Achmad menjelaskan bahwa mereka menjualnya ke after market di toko toko onderdil motor.

Disisi lain, Yulianwarman, Head of Public Relation PT Astra Internasional Tbk, yang hadir dalam kunjungan tersebut mengatakan, untuk memajukan para pelaku UKM ini tidak bisa hanya dilakukan satu pihak saja. Namun harus merupakan satu kesatuan yang dilakukan bersama.

“Kami tidak memberikan bantuan dalam bentuk dana. Tapi kami mensuport para UKM melalui pelatihan, pembinaan dan upaya untuk membantu memasarkan hasil produksi mereka,” jelasnya.

Yulianwarman juga menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh LPB Waru Sidoarjo adalah dengan mencari orang yang mau dibina dan dikembangkan usahanya.

“Kami hanya bisa melakukan itu, karena UKM itu gak bisa dipaksa. Perkembangan bisnis UKM harus didasari oleh kemauan orang itu sendri,” pungkas Yulianwarman.

Dalam kesempatan yang sama, para awak media juga diajak meninjau Kampung Berseri Astra yang berada di daerah Keputih Surabaya, untuk melihat berbagai hasil dan perkembangan masyarakat disana yang juga mendapat bimbingan dari Yayasan Dharma Bhakti Astra. (EP)

Leave a Reply