Lantamal V Kirim100 Pendonor di Acara Donor Darah Dies Natalis

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Di acara Donor darah dalam rangka Dies Natalis Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) yang ke-51 tahun 2017, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) mengirimkan 100 personelnya untuk mendonorkan darahnya yang digelar di gedung Marore STTAL, Bumimoro Surabaya, Selasa (7/3/2017).

Kali ini, Civitas akademika STTAL bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia cabang Surabaya untuk melaksanakan aksi peduli sesama dengan melaksanakan donor darah. Dan Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Siswo HS, M. MT.  serta pejabat lainnya dijajaran STTAL turut juga menyumbangkan darahnya.

Lantamal V Kirim100 Pendonor di Acara Donor Darah Dies Natalis

Disela-sela pelaksanaan donor darah, Dan STTAL mengatakan, acara donor darah ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis STTAL tahun 2017. Selain berdampak sosial dengan menolong sesama, donor darah merupakan penggantian sel darah merah yang ada di tubuh manusia agar kesegaran dan kebugaran tubuh tetap terjaga.

“Banyak manfaat dari donor ini bagi kesehatan,  salah satunya bisa berfungsi sebagai sarana diet,  karena dalam sekali donor darah 500 cc bisa membakar lemak,  sebanyak 650 kilo kalori, ujar Siswo, sapaan akrab Dan STTAL ini.

Selain dari itu, Siswo juga menjelaskan bahwa donor darah akan mengurangi faktor resiko serangan penyakit jantung, mencegah penyakit kronis, semisal kanker dan penyakit kronis lainnya yang bisa timbul, karena penyumbatan darah lainnya.

Dikatakan Aspers Komandan Lantamal V Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S. Pd., M. AP., untuk donor darah ini, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya mengirimkan 100 personelnya untuk membantu sesama. Selain itu, Lantamal V akan terus berpartisipasi dengan mengirimkan anggotanya dalam kegiatan sosial yang diadakan di satuan satuan TNI/instansi lain yang menggelar acara serupa.

“Kegiatan donor darah merupakan wujud dari kepedulian kita untuk membantu sesama. Kalau bukan kita, siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” ujarnya.

Dalam aksi donor kali ini, pihak panitia telah menerima laporan bahwa ada sekitar 500 orang pendonor yang siap menyumbangkan darahnya.  Para pendonor tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing kotama yang ada diwilayah Surabaya. (edmen)

Leave a Reply