Masjid Agung Nasional Al Akbar Qurban 78 Ekor Sapi dan Kambing

SURABAYA(kabarsurabaya.com) – Pada perayaan Idul Adha kali ini, Masjid Agung Nasional Al Akbar Surabaya kembali melakukan qurban seperti tahun-tahun sebelumnya. Kali ini hewan yang di qurbankan terdapat sebanyak 78 ekor, meliputi 16 sapi dan 62 kambing, yang kesemuanya dipotong di Rumah pemotongan hewan (RPH) yang berada di basement lantai dasar Masjid Al Akbar Surabaya.

Dirut Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Hendro mengatakan, pihaknya menurunkan tim pemotongan qurban berjumlah 30 orang yang merupakan relawan masjid yg profesional di bidang perjagalan.

Masjid Agung Nasional Al Akbar Qurban 78 Ekor Sapi dan Kambing

“Tim pemotongan dan pencahahan dilengkapi 2 alat canggih (Bone Saw Meat atau mesin pemotong daging dan tulang) untuk memotong dan memilah daging dan tulang,” terangnya.

Namun demikian, masih menurut Hendo, selama proses pemotongan dan pencacahan mendapat supervisi dari Dinas Peternakan Provinsi Jatim dan Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya.

Target paket hewan qurban kali ini adalah 2000 paket dengan berat antara 1-1,5 kg (menyesuaikan perolehan hewan qurban). Sementara jeroan hewan qurban langsung dibersihkan, direbus hingga masak. Setelah itu, dicampur merata dalam paket qurban bersama daging dan tulang seberat 1-1.5 kg itu.

Disisi lain, Helmy M Noor, Humas Masjid Nasional AI Akbar menjelaskan bahwa sasaran pembagian adalah masyarakat sekitar Masjid Al Akbar, berbasis data Gakin yg diverifikasi oleh RT dan Kelurahan setempat.

“Selain itu juga ada masyarakat lain yg sudah diverifikasi oleh panitia,” Tambahnya.

Helmy juga menambahkan bahwa di area pemotongan disiapkan 6 lobang utk menampung darah hewan yg dipotong, Dan jika penuh, darah yg masuk dalam lobang pemotongan diambil. Lalu dibawa ke area kompos bersama limbah kotoran hewan lainnya utk diproses menjadi kompos, yang dipakai untuk perawatan taman dan aneka pepohonan di sekitar Masjid Al Akbar. (meg/men)

Leave a Reply