Matakota dan The Profit Games Jawara di Kompetisi Startup Digital Id.Connect

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Dalam acara kompetisi startup digital Id.Connect yang diselenggarakan oleh D-net Surabaya, Matakota berhasil memukau juri dan meraih juara pertama dengan mengalahkan 17 startup lainnya yang berasal dari berbagai daerah.

Matakota merupakan media sosial pelaporan yang membutuhkan respon cepat. Aplikasi ini juga dilengkapi panic button yang akan terhubung dengan beberapa otoritas berwenang, seperti pemerintah daerah, kepolisian, rumah sakit, dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah).

Pada kompetisi tersebut terdapat dua sesi penjurian, dimana pada sesi pertama berhadapan dengan dua juri dan pada sesi kedua terdapat tiga juri yang menilai. Adapun juri pada sesi kedua yaitu, Sapto Anggoro (Founder Bonokular.com dan CEO Tirto.id), Arief Budiman (CEO PT Agrindo sekaligus Dekan Universitas Widya Kartika), dan Zaenal Arifin (Gerdhu dan Suwec).

Pukau Juri, Matakota Juarai kompetisi startup digital Id.Connect

Kompetisi tersebut dinilai berdasarkan keunikan produk dan solusi yang ditawarkan serta marketing opportunity. Salah satu juri, Zaenal Arifin, terpukau dengan solusi yang ditawarkan oleh Matakota terutama pada IoT (Internet of Things) beacon yang dikembangkan oleh Matakota.

“Menurut saya, beacon yang dikembangkan oleh Matakota bisa membantu Indonesia mengembangkan konsep Smart City dan bahkan Smart Business di berbagai kota di Indonesia,” terangnya.

Sementara juri lainnya, Sapto Anggoro, berharap bahwa dengan memenangkan perlombaan ini Matakota bisa berkembang lebih baik lagi sehingga kehadiran Matakota bisa dirasakan masyarakat luas.

The Profit Games yang masih satu manajemen dengan Matakota berhasil meraih second Runner Up

“Dengan kesabaran, perbaruan, dan konsistensi, saya percaya Matakota dan startup lainnya bisa berhasil layaknya Google,” terang Sapto.

Di tempat yang sama, CEO Matakota, Erik Karya, mengucapkan terima kasih atas support user Matakota yang telah percaya kepada Matakota akan memberikan sedikit sumbangsih perubahan positif di tanah air. Dia bersama tim berjanji akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu pemerintah mengembangkan Smart City.

The Profit Games Raih Second Runner Up

Disisi lain, The Profit Games yang masih satu manajemen dengan Matakota berhasil meraih second Runner Up. The Profit, game online edukasi bisnis karya arek Suroboyo yang bisa diunduh gratis di Play Store ini, menyajikan ratusan strategis bisnis yang bisa diakses oleh user The Profit. Selain mendapatkan ratusan strategi bisnis, user juga akan mendapatkan modul bisnis yang bisa dijadikan sebagai panduan membangun sebuah bisnis.

Founder The Profit, Mega Jauhari tidak menduga bisa meraih gelar Second Runner Up pada kompetisi tersebut.

“Saya tidak menduga akan berhasil meraih gelar Second Runner Up pada kompetisi ini karena saingan startup lainnya cukup bagus,” ucapnya.

Setelah memenangkan perlombaan ini, Mega bersama timnya akan memanfaat hadiah yang diperoleh untuk mengembangkan produknya dengan meluncurkan sebuah boardgame.

“Hadiah yang kami peroleh ini akan kami manfaatkan untuk mengembangkan produk. Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan The Profit versi boardgame,” Imbuhnya.

The Profit boardgame yang akan diberi nama “Main Makin Kaya” ini, selain dibekali modul bisnis, pemain juga akan diberikan buku bisnis. Jika sudah launching boardgame Main Makin Kaya bisa dibeli di seluruh gerai Gramedia. (men)

Leave a Reply