Permahi DPC Surabaya Gelar Diskusi Publik Bahas Perppu No 2 Tahun 2017

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Pasca Disahkannya Perppu No 2 Tahun 2017 Atas Perubahan Undang-Undang No 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan Menjadi Undang-undang Oleh DPR, memang telah memunculkan banyak pendapat, baik yang setuju maupun yang kontra.

Persoalan ini pula yang diangkat Permahi DPC Surabaya melalui Diskusi Publik yang dihadiri oleh narasumber dari beberapa kalangan seperti Anggota DPRD Jatim K.H. Muzammil Syafii, S.H., M.Si, Ketua Ormas GRIB Jawa Timur Dr. Abdul Salam, S.H., M.H., hingga Akademisi Dr. Siti Marwiyah, S.H., M.H.

Permahi DPC Surabaya Gelar Diskusi Publik Bahas Perppu No 2 Tahun 2017

Meski sebenarnya persoalan ini adalah persoalan kecil, dan memang menjadi kewenangan Presiden, namun menurut HTN Jatim Dr. Siti Marwiyah, masyrakat dari kalangan minoritas yang merasa dirugikan dengan kehadiran Perppu tersebut, bisa mengajukan diuji materil keMahkamah Konstitusi (MK).

“Bisa saja yang merasa tidak setuju, melakukan uji materiil ke MK. Itu sah-sah saja,” terangnya, Kamis (30/11/2017).

Disisi lain Dr. Abdul Salam, S.H., M.H selaku ketua Ormas GRIB Jawa Timur mengemukakan bahwa kelahiran Perppu Ormas tidaklah perlu, namun cukup perkuat Undang-undang No 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Karena dengan begini, pemerintah tidak seolah-olah ketakutan terhadap banyak aliran yang disinyalir merongrong ideologi bangsa.

“Untuk kalangan minoritas hal ini sangat tidak adil, karena berkicau hanya masalah minoritas yang katanya mau mendirikan negara islam,” Ujarnya.

Sedang K.H Muzammil Syafii S.H., M.Si dalam diskusi Publik tersebut mengatakan, bahwa pembahasan perppu ini harus secara komprehensif. Hal ini dikarenakan kajian tersebut akan memberikan pembelajaran bagi semua kalangan terkait isu yang berkembang di masyarakat

Sementara Yudo Adianto Salim selaku Ketua Permahi DPC Surabaya dalam pembukaan Diskusi Publik tersebut menyampaikan bahwa pembahasan diskusi ini merupakan media untuk mengupas tuntas fenomena Perppu Ormas dari berbagai perspektif.

“Dan dengan diadakannya Kegiatan ini dapat memperkaya wawasan kita khususnya wawasan  dibidang hokum,” Ujarnya. (men)

Leave a Reply