SD Mudipat Surabaya dan Ria Enes Ajak Orang Tua Pahami Anak Jaman Now

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Anak-anak jaman Now emang berbeda dengan anak-anak di era-era sebelumnya. Karena itu, orang tua di jaman Now juga harus bisa beradaptasi dan dituntut untuk lebih mampu memahami potensi anak-anaknya.

Hal ini disampaikan Ria Enes yang terkenal dengan boneka Susan-nya, di acara talkshow bertema “Menjadi Orang Tua yang Dirindukan di Era Kids Zaman Now”, yang menjadi bagian dari acara penerimaan raport SD Muhammadiyah 4 (Mudipat) Pucang Surabaya, di Graha YKP Rungkut Surabaya, Sabtu (16/12/2017).

Menurut Ria, sudah bukan jamannya orang tua memaksakan kehendaknya dengan mengatasnamakan kepetntingan anak, padahal sebenarnya memaksakan kesukaan atau bakat orang tua kepada anaknya.

SD Mudipat Surabaya dan Ria Enes Ajak Orang Tua Pahami Anak Jaman Now

“Justru yang diperlukan adalah kemampuan orag tua untuk memahami bakat anak. Karena dengan demikian, orang tua bisa mengarahkan atau memfokuskan bakat tersebut menjadi sebuah prestasi,” lanjut Ria.

Ria juga menambahkan, apa yang orang tua suka, tidak pasti membahagiakan anak. Karena itu, kenali potensi anak agar mereka bisa meraih cita-citanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Edy Susanto SPd MPd., yang mengatakan bahwa kecenderungan saat ini anak-anak lebih enjoy dengan gadget dan HP sehingga anak lupa dengan orang tuanya.

“Dan parahnya, orang tua cederung memfasilitasi hal itu. Akhirnya hubungan, komunikasi dan perhatian orang tua dan anak justru menjadi renggang,” tegas Edy.

Ria Enes dengan boneka Susan-nya, mengisi acara talkshow bertema “Menjadi Orang Tua yang Dirindukan di Era Kids Zaman Now”

Untuk menjadi anak yang hebat dan berkarakter, lanjut Edy, dibutuhkan perhatian dan komunikasi yang baik antara orangtua terhadap anak-anaknya. Dengan demikian, kita bisa menjadi orang tua yang dirindukan.

“Bila kita nisa menjadi orangtua yang dirindukan, maka anak ketika bertemu dengan orang ttua itu akan menjadi hal yang menenangkan dan menyenangkan,” tambah Edy.

Acara yang diikuti ribuan orang tua SD Mudipat Pucang Surabaya ini, menurut Edy, merupakan program rutin yang dilakukan setiap penerimaan raport, untuk mmberikan pencerahan pada orang tua murid melalui talkshow yang menghadirkn tokoh-tokoh pendidikan.

“Sudah banyak tokoh-tokoh pendidikan yang kita hadirkan, seperti Arif Rachman, Kak Seto, Neno Warisman, Astri Ivo, dan lainnya. Itu semua kami lakukan untuk memberikan pencerahan pada orag tua murid tentang bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan anak,” pungkas Edy. (men)

Leave a Reply