Jasa Marga Alokasikan Dana Rp 27 Triliun untuk Jalan Tol di Tahun 2018

JAKARTA (kabarsurabaya.com) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengalokasikan belanja modal senilai Rp 27 triliun untuk mengoperasikan sejumlah ruas jalan tol di tahun 2018 ini. Hal ini diakui Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani, yang menyampaikan bahwa belanja modal tersebut di antaranya untuk menyelesaikan tol Trans Jawa yang menjadi prioritas.

“Dua ruas yang paling siap dioperasikan adalah Ngawi–Kertosono sepanjang 90 km, yang paling lambat awal Februari sudah beroperasi. Begitu juga dengan Solo–Ngawi yang memiliki panjang 35 km,” ujarnya.

Jasa Marga Alokasikan Dana Rp 27 Triliun untuk Jalan Tol di Tahun 2018

Menurut Desi, hal yang masih menjadi tantangan dalam pembangunan tol Trans Jawa ini adalah persoalan pembebasan lahan.

“Seperti ruas Solo–Ngawi, konstruksi untuk jalan utama hampir selesai. Tapi kami belum dapat mengoperasikan karena masih menunggu pembebasan tanah untuk overpass jembatan,”tambah Desi.

Masih menurut Desi, pada tahun ini, selain Solo-Ngawi dan Ngawi-kertosono, pihaknya memproyeksikan akan mengoperasikan sejumlah ruas tol, termasuk tol Batang–Semarang, Gempol–Pasuruan, dan Salatiga–Kertasura.

Seperti diketahui, PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road menjadi investor mayoritas untuk jaringan jalan tol Trans Jawa yang panjangya mencapai 649 kilometer dari Jakarta hingga Surabaya. (bis/men)

Leave a Reply