BKPM : Single Submission Bisa Jadi Solusi Atasi Hambatan Investasi Daerah

JAKARTA (kabarsurabaya.com) – Masih seringnya muncul hambatan dalam investasi di daerah, jelas membutuhkan strategi dan kebijakan yang tepat untuk mengatasinya. Dan penerapan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi atau single submission menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)  bisa menjadi solusi dalam mengatasi hambatan tersebut.

Menurut Kepala BKPM, Thomas T. Lembong, perizinan investasi memang sering menemui hambatan ketika harus berurusan dengan birokrasi daerah.

Kepala BKPM, Thomas T. Lembong

“Ini salah satu tantangan yang harus kita hadapi. Dan kita harapkan bisa diselesaikan dengan adanya single submission ini,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (5/1/2018).

Kebijakan single submission merupakan implementasi tahap kedua dari Peraturan Presiden (Perpres) No. 91/2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Karena itu menurut Lembong, dalam beberapa bulan ke depan, pemerintah akan mengumpulkan pemerintah daerah maupun kementerian/lembaga (K/L) untuk memilah prioritas investasi daerah.

“Nantinya, akan ada sejumlah proyek besar daerah yang dicek ulang. Dan reformasi peraturan perizinan berusaha dan penerapan single submission akan segera disinkronisasi oleh gubernur dan bupati/wali kota,” tambah Lembong. (men)

Leave a Reply