KPU Waspadai Permainan dalam Pengeluaran Surat Pengunduran diri Bacalon yang Berlaga di Pilkada

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Pendaftaran dua Bakal Pasangan Calon (Bacalon) Gubernur Jatim sudah terjadi, tetapi proses verifikasi hinngga di tetapkan sebagai pasangan calon masih cukup panjang.

Tahapan inilah yang disampaikan Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, dalam media gathering pendaftaran bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, di aula lantai 2 KPU Jatim, Kamis (11/1/2018)

Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, dalam media gathering pendaftaran bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, di aula lantai 2 KPU Jatim, Kamis (11/1/2018)

Pria yang akrab dipanggil Arba ini juga menjelaskan bahwa tahapan selanjutnya, kedua Bacalon selama dua hari yakni 11–12 Januari 2017 akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya.

“Selama dua hari, seluruh Bacalon akan menjalani pemeriksaan medis, psikologis, psikiatri dan tes urin untuk kebutuhan bebas narkoba,” tambahnya.

Sementara untuk segala hal yang perlu diperbaiki oleh kedua Bacalon terkait dengan persyaratan, masih menurut Arba, harus sudah clear semua hingga 27 Januari.

“Setelah 27 Januari, sudah tidak bisa lagi dilakukan perbaikan apapun,” jelas Arba.

Dalam kesempatan Tanya jawab dengan media, Arba juga menyampaikan bahwa untuk Bacalon dari pegawai negeri, BUMN, BUMD, maupun pejabat, harus sudah menyerahkan surat p0ersetujuan pengunduran dirinya dari instansi terkait, pada 1 bulan sebelum hari H pencoblosan.

“Bila sampai 30 hari sebelum pencoblosan surat belum kami terima, maka calon yang bersangkutan akan di diskualifikasi,” tambahnya.

Terkait dengan surat persetujuan pengunduran diri ini, Arba meminta pada media dan masyarakat untuk memantaunya, agar tidak ada permainan yang bisa merugikan para calon.

“Kan kasihan kalau calon yang sudah serius berlaga di pilkada dan mengurus surat pengunduran diri, tetapi dihambat oleh instansinya karena berbagai kepentingan. Jadi tolong teman-teman media ikut juga membantu mengawasi,” pintanya. (men)

Leave a Reply