Besok Tim RSUD dr Soetomo Serahkan Hasil Tes Kesehaatan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) belum bisa mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur, karena masih menunggu hasil kesimpulan pemeriksaan kesehatan dari tim dokter RSUD dr Soetomo yang baru akan disampaikan ke KPU besok Selasa 16 Januari 2018.

Karena itu, KPU baru bisa mengumumkannya pada 17 Januari 2018, seetelah melakukan pleno, berdasar rekomendasi hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur oleh tim dokter RSUD dr Soetomo.

Komisioner Divisi Teknis KPU Provinsi Jatim, M. Arbayanto

Komisioner Divisi Teknis KPU Jatim, M Arbayanto mengatakan, sebenarnya masa penelitian berkas syarat calon bisa dilakukan di 10-16 Januari. Namun karena perolehan hasil tes kesehatan para calon baru bisa diterima tanggal 16 Januari sore, makanya kita belum bisa mengumumkannya,” terangnya pada awak media di Kantor KPU Jatim, Senin (15/1/2018).

Arba juga menjelaskan, terkait waktu penyerahan hasil pemerikaan kesehatan para Paslon ini, karena ada sedikit kendala di RS Soetomo yang tidak hanya memeriksa kesehatan untuk Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilgub Jatim, tetapi juga ada 7 daerah pemilihan di Jatim yang juga melakukan tes kesehatan bagi Paslonnya di RS Soetomo.

“Tim kesehatan RS Soetomo tidak hanya memeriksa bakal cagub, tetapi juga bakal calon kepala daerah di 7 daerah. Bahkan, di satu daerah ada yang 4 pasangan calon seperti di Mojokerto,” tambah Arba.

Dalam kesempatan itu pula, Arba juga menjelaskan bahwa dalam melakukan penelitian berkas syarat calon, secara prinsip semua bakal pasangan calon harus memperbaiki berkas syarat calon, khususnya pada poin kelengkapan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Kebetulan kedua Paslon yang akan berlaga di pemilihan gubernur Jatim ini adalah pejabat Negara semua. Bu Khofifah adalah menteri, pasangannya adalah Bupati. Sementara Gus Ipul adalah WaGub, dan pasangannya adalah anggota DPR RI,” terangnya. (men)

Leave a Reply