Karya SMK Kudus Kembali Tampil di Pekan Mode Internasional

HONG KONG (kabarsurabaya.com) – Karya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semakin diperhitungkan dalam industri fashion di Indonesia. Bahkan, kiprah siswa-siswi Program Tata Busana SMK NU Banat di Kudus, Jawa Tengah yang membuat brand modest wear Zelmira telah merambah ke pasar global.

Setelah debutnya tampil di panggung Indonesia Fashion Week 2015, Zelmira juga berhasil mencuri perhatian di pameran dagang dan fashion show taraf internasional, Centre Stage–Asia’s Fashion Spotlight 2016 di Hong Kong.

Sebagai bukti konsistensi untuk menjangkau pasar ekspor, Zelmira berpartisipasi dalam pameran dagang taraf internasional Hong Kong Fashion Week 2018 yang berlangsung pada tanggal 15-18 Januari 2018 di Hong Kong Convention and Exhibition Centre.

Karya SMK Kudus Kembali Tampil di Pekan Mode Internasional

Dalam perhelatan tersebut, Zelmira menghadirkan koleksi Fall/Winter 2018 bertema WETAN Side, hasil rancangan siswa-siswi SMK NU Banat yang diwakili oleh dua desainer, yaitu Rania dari siswi kelas XII dan Annida Aulia Rahmalilla siswi kelas XI

Hong Kong Fashion Week sendiri merupakan ajang pekan mode dan pameran dagang berbasis Business to Business (B2B) yang terbesar di Asia, bahkan terbesar kedua di dunia.

Pameran dagang skala internasional ini diikuti lebih dari 1.400 peserta dari 13 negara yang mencakup seluruh mata rantai dalam industri fashion global, mulai produsen garmen, bahan baku, hingga produk jadi yang dihadiri oleh buyer dari berbagai negara.

Dengan mengikuti pameran dagang ini diharapkan dapat memperkenalkan Zelmira serta menjaring buyer luar negeri sekaligus memperkuat bisnis B2B ke pasar global yang lebih menantang.

Disisi lain, eksistensi Zelmira di pasar dalam negeri pun semakin diperkuat melalui pengembangan yang meliputi segi desain, produksi, dan pemasaran. Antara lain dengan mengikuti pameran dagang dan peragaan busana di tanah air sepanjang tahun 2017, yaitu Muslim Fashion Festival (Muffest), 23 Pascal Fashion District, International Halal Lifestyle Expo dan Evolusia Fashion Show & Expo 2017.

Jaringan penjualan produk Zelmira pun telah memasuki sejumlah gerai, yaitu Famogal, Fashionable Moslem Gallery di Q-Big BSD City, Concept Store di Neo Soho Mall, dan e-commerce.

Perkembangan Zelmira tentunya tak lepas dari peran Bakti Pendidikan Djarum Foundation yang berkomitmen menetaskan sumber daya manusia yang kompeten di bidang mode melalui lembaga pendidikan binaannya, SMK NU Banat.

Bahkan berbagai program yang dilakukan oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga bertujuan menjadikan SMK NU Banat sebagai sekolah rujukan nasional untuk SMK bidang Tata Busana di seluruh Indonesia. SMK NU Banat merupakan salah satu dari 15 SMK binaan Djarum Foundation di Kudus, Jawa Tengah. (asr/men)

Leave a Reply