Pamerkan Karya Photography, Fotografer Prancis ini Akan Abadikan Pelabuhan Tanjung Perak Lewat Foto

SURABAYA (kabarsuyrabaya.com) Institut Français Indonesia (IFI) Surabaya sebagai institusi di bawah Kedutaan Besar Prancis yang berfungsi sebagai jembatan antara Prancis dan Surabaya yang bergerak di bidang kerjasama kebudayaan, linguistik dan kerjasama perguruan tinggi, kembali menggandeng Jayanata Beaty Clinic, menampilkan karya-karya photografer Perancis Erell Hemmer.

Pameran bertajuk ‘La Galerie des Glaces – Behind The Scenes of Paris Fashion Week’ yang digelar di Snow White Ballroom, Jayanata Beauty Plaza Surabaya mulai 3 – 17 Februari 2018 ini, menghadirkan sekitar 52 karya foto yang diambil dengan menggunakan kamera analog. Selain itu, di tempat yang sama juga akan ditayangkan lima video bertema sisi lain Paris Fashion Week garapan Antoine Mengenot, rekan kerja Erell Hemmer.

Pamerkan Karya Photography, Fotografer Prancis ini Akan Abadikan Pelabuhan Tanjung Perak Lewat Foto

Masih dalam rangkaian pameran ini, Erell juga akan mengisinya dengan dua kali kegiatan workshop fotografi, yaitu pada hari Kamis (8/2/2018) pukul 13.30 di area pameran di Jayanata Beauty Plaza dengan tema ‘Fashion Street Photography’. Serta pada hari Rabu (14/2/2018) pukul 15.00 di di IFI West Surabaya-SUB Co2O Jl Darmo Harapan 1 Surabaya, dengan mengangkat tema ‘Photo Zine.

Dalam kesempatan berbincang dengan media, Erell sempat menyampaikan bahwa setelah pameran ini, ia akan mengabadikan suasana pelabuhan di Surabaya beserta mereka yang bekerja di sana, yang nantinya karya-karya fotonya itu akan juga dipamerkan di pameran berikutnya.

Ketika ditanya mengapa tertarik dengan pelabuhan sebagai objek photography, Erell menjelaskan bahwa halk itu tidak terpisahkan dari perjalanan hidupnya yang memang berada didaerah pelabuhan.

Pamerkan Karya Photography, Fotografer Prancis ini Akan Abadikan Pelabuhan Tanjung Perak Lewat Foto

“Orangtua saya pelaut, dan  kami tinggal di kawasan pantai. Ini membuat saya punya perhatian besar mengenai kegiatan-kegiatan di sekitarnya pantai dan pelabuhan. Apalagi ayah saya juga meninggal ketika menjalankan tugasnya sebagai pelaut,” terang fotografer asal Havre, Prancis ini pada kabarsurabaya.com di Jayanata Beauty Plaza Surabaya, Jumat (2/2/2018).

Ketika hadir di Surabaya dan mengetahui sedikit tentang sejarah pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Erell menilai bahwa Surabaya punya pelabuhan yang sangat penting keberadaannya. Tapi sayangnya orang-orang jarang melihatnya.

“Karena itu, setelah pameran ini selesai, saya akan mengunjungi pelabuha Tanjung Perak untuk melakukan pengamatan melalui karya photogrohy tentang pelabuhan ini dan orang-orang yang hidup disana,” pungkasnya. (men)

Leave a Reply