Bea Cukai Juanda Kembali Gagalkan Penyelundupan Sabu Ke Jatim

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Lagi-lagi Bea Cukai Juanda (BC Juanda) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu melalui bandara Udara Juanda Surabaya, yang dilakukan oleh dua orang tersangka, masing-masing NTTH (25) perempuan, WNA asal Vietnam dan NV (29) perempuan WNI.

Kedua tersangka ditangkap di waktu yang berbeda namun dalam kurun waktu satu minggu. NTTH ditangkap tanggal 19 Maret 2018 yanng kedapatan membawa sabu seberat 1.175 gr dengan modus menelundupkannya di alas tas koper. Sedangkan NV, tertangkap pada tanggal 22 Maret 2018 karena kedapatan menyelundupkan sabu seberat 1.240 gr yang diselipkan di dalam rongga dinding kardus pakaiannya.

Bea Cukai Juanda Kembali Gagalkan Penyelundupan Sabu Ke Jatim

Kepala BC Juanda Surabaya, Budi Harjanto menjelaskan, menurut keterangan NTTH, koper yang ia bawa merupakan pemberian dari teman  yang ia temui di Bangkok Thailan, semalam sebelum keberangkatanya ke Surabaya.

“Sedang untuk tersangka NV, pelaku mengaku barang tersebut merupakan titipan dari temannya di Malaysia dan mengaku akan diberi uang bila berhasil membawa barang tersebut ke Indonesia,” tambah Budi, dalam keterangan pers dikantor BC Juanda, Selasa (3/4/2018).

Lebih jauh Budi juga menjelaskan bahwa dengan upaya penggagalan penyelundupan sabu seberat 2.415 gr ini, telah menyelalamatkan 12.705 jiwa generasi muda Indonesia.

“Jumlah ini dengan perhitungan 1 gram sabu dikonsumsi 5 orang,” pungkas Budi.

Penggagalan penyelundupan ini merupakan kerjasama yang baik dan terintegrasi antara Direktorat Jenderal Bea Cukai, Direktur Reserse Narkoba Polda jatim, BNN Sidoarjo, Imigrasi Bandara Juanda, dan Pengamanan Bandara (Lanudal, POM AL dan Avsec PT Angkasa Pura I). (men)

Leave a Reply