Din Syamsudin : Umat Islam Dihimbau Memaafkan Sukmawati

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Din Syamsudin, menilai apa yang dilakukan Sukmawati Soekarno Putri dengan puisi ‘Ibu Indonesia’, memang ada yang bisa membuat kaum muslim tersinggung. Namun karena sudah meminta maaf, maka seyogyanya umat Islam mau memaafkan putri mantan Presiden pertama Indonesia itu.

“Saya yakin umat Islam akan memaafkannya karena itu adalah akhlak Islam. Lagipula dia sudah meminta maaf dan mmenyatakan tidak ada niatan untuk menyinggung umat Islam,” kata Din di acara Pengajuan Akbar yang digelar SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Sabtu (7/4/2018).

Din Syamsuddin saat memebreikan keteragan pers, seusai menjadi penceramah di Pengajian Akbar yang digelar SD Muhammadiyah 4 Surabaya

Din juga menjelaskan bahwa Sukmawati telah menemuinya, Selasa sore, 3 April 2018, guna meminta pendapat mengenai puisinya, dan menyampaikan tidak ada niatan untuk menghina Islam, serta mengakui bahwa pemahamannya tentang Islam sangat minim.

“Karena ibu Sukmawati sudah memohon maaf dan menyadari kekeliruannya yang dikarenakan ketidakpahamannya tentang hakikat seperti azan, maka sudah menjadi akhlak Islam untuk kita memaafkannya,” tambah Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia ini.

Seeperti diketahui, puisi Sukmawati yang dibacakan di acara Indonesia Fashion Week beberapa waktu lalu, khususnya saat Sukmawati membandingkan suara azan dengan kidung tradisional, telah menimbulkan ketersinggungan bagi umat Islam yang berbuntut pada pelaporan, atas dugaan penistaan terhadap agama Islam.

Ia dilaporkan ke Kepolisian Daerah Metro Jaya oleh pengacara Denny Andrian Kusdayat, maupun oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang juga melaporkannya ke Kepolisian Daerah Jawa Timur. (men)

Leave a Reply