UK Petra Bharatika Creative Design Festival 2018, Ceritakan Rindu Berkarya para Anak Muda

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Universitas Kristen Petra (UK Petra) Bharatika Creative Design Festival kembali digelar. Kompetisi design tahunan yang diusung oleh Fakultas Seni dan Desain (FSD) UK Petra Surabaya ini berhasil memikat peserta dari luar negeri diantaranya negara Taiwan, Australia, China, Malaysia dan Singapura.

Kegiatan sebagai wadah aktualisasi diri anak muda khususnya di bidang desain ini digelar selama tiga hari berturut-turut mulai hari Jumat hingga Minggu, 06-08 April 2018 di Gedung Balai Pemuda Surabaya-Jalan Gubernur Suryo no 16 Surabaya.

Berbagai kegiatan menarik digelar dalam Bharatika Creative Design Festival 2018 kali ini yaitu mulai dari kompetisi, talk show, workshop, coaching class, creative market, pameran, meet the judges hingga awarding night.

UK Petra Bharatika Creative Design Festival 2018, Ceritakan Rindu Berkarya para Anak Muda

Mengusung tema Rindu, dalam Bharatika ini ingin memacu para anak muda agar terus rindu berkarya.

“Kegiatan ini memang kegiatan tahunan skala nasional. Respon positif terus kami terima sebab kegiatan ini sebagai ajang untuk mengembangkan potensi diri sekaligus menambah wawasan di bidang industri kreatif”, jelas Margareth Thresea Wijaya selaku ketua acara Bharatika Creative Design Festival 2018.

Margareth juga mnjelaskan bahwa kompetisi ini sendiri dibagi menjadi 12 cabang yang dibagi untuk kategori mahasiswa dan siswa SMA. Untuk kategori mahasiswa cabang yang dilombakan antara lain Corporate Identity, Print Ad, Conceptual Photography, Packaging Design, Integrated Campaign, Apartement Lobby Design, Visual Merchandising, Lamp Armature Design, Chair Design dan Innovation Challenge.

Bharatika Creative Design Festival 2018

“Sedangkan untuk kategori siswa SMA, cabang yang dilombakan yaitu Photography dan illustration”, tambahnya.

Tercatat ada 200 peserta mulai dari Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Malang, Surabaya, Samarinda, China, Taiwan, Singapura, Malaysia, hingga Australia.

Dalam pameran nantinya dimeriahkan dengan 5 karya dari setiap cabang lomba yang ada, 20 pameran karya kreatif berupa dua dimensi dan pameran karya berprestasi mahasiswa FSD UK Petra.

Hari pertama (6/4/2018) selain menyajikan pameran para lima finalis 12 cabang lomba, juga digelar workshop “Enamel Pin Trendi, buatan sendiri!” oleh Elaboure dari Yogyakarta mulai pukul 10.30-15.15 WIB.

“Mungkin orang sudah mulai lupa tentang enamel pin yang terbuat dari besi ini. Ternyata membuatnya tak sulit dan saat ini mulai kembali menjadi tren di kalangan anak muda”, rinci Margareth.

Tak hanya itu, selama tiga hari Bharatika akan dimeriahkan dengan 20 stand pameran dari industri kreatif diantaranya designer fashion, videographer dan masih banyak lagi lainnya.

Pada hari kedua (7/4/2018), gelaran ini dimeriahkan dengan workshop bertajuk “seru-seru bareng buat Motion Graphic” oleh FJORD Motion mulai pukul 10.00-13.45 WIB. Tak hanya itu saja, hadir juga talkshow bertajuk “Menguak Rahasia Inovator” oleh Dhany Virdian dan Mario Tetelepta mulai pukul 15.00-20.00 WIB.

Sedangkan pada hari ketiga (8/4/2018), para finalis berkesempatan bertemu dengan para juri dan saling berdiskusi. Bagaimana caranya membuat yang terbaik dalam karya di industri kreatif. Ditutup dengan penganugerahan hadiah bagi para pemenang dalam acara Awarding Night yang dihadiri oleh Triawan Munaf dari Badan Ekonomi Kreatif atau BEKRAF. (men)

Leave a Reply