Dua Kandidat Pilgub Jatim Akan Bertarung Dalam Debat Tebuka

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Besok, tepatnya Selasa (10/4/2018) malam, dua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, akan bertarung pemikiran dalam debat yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umun (KPU) Jatim di Dyandra Convention Center, Surabaya.

Dua Kandidat Pilgub Jatim Akan Bertarung Dalam Debat Tebuka

Pada debat kali ini, kedua calon akan memaparkan pemikirannya tentang masalah kesejahteraan rakyat, melalui tujuh sub tema, yaitu kebijakan tentang pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, keagamaan, sosial budaya, sosial kemasyarakatan dan konflik sosial.

“Selain itu, mereka juga akan membahas tentang ideologi, HAM, kebangsaan, kepemudaan, dan keperempuanan,” terang Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, di Kantor KPU Jatim, Jalan Tenggilis, Surabaya, Senin (9/4/2018).

Gogot juga menambahkan, nantinya acara debat akan disaksikan oleh empat panelis yang terdiri tiga akademisi dan satu praktisi.

“Panelisnya nanti ada Prof Nunuk Nuswardani pakar hukum administrasi negara Universitas Trunojoyo Madura, Dr Abdul Chalik pakar politik dan pemerintahan lokal dan perbandingan kelembagaan negara Universitas Islam Negeri Surabaya, Luthfi J Kurniawan aktivis anti korupsi, dan Fauzan dari Universitas Muhammadiyah Malang,” tambahnya.

Penetapan empat panelis ini, masih menurut Gogot, berdasarkan dari kemampuan intelektual yang dimiliki, dan tidak tergabung dalam tim pemenangan paslon.

Dalam debat pertama besok KPU telah mengundang sekitar 700 undangan yang terdiri dari 50 Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur, 38 pengurus KPU daerah se-Jatim, 300 personil yang dibagi untuk kedua tim pemenangan paslon, dan stakeholder terkait lainnya. (men)

Leave a Reply