KPU Jatim : Sudah 66 Persen Surat Suara Terdistribusikan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Guna mengantisipasi kemungkinan keterlambatan penyaluran logistik Pilgub Jatim 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) telah mulai mendistribusikan surat suara ke 38 daerah kabupaten/kota di Jawa Timur.

Dikatakan Komisioner KPU Jatim Divisi bidang Perencanaan, Keuangan dan Logistik Pemilu, Dewita Hayu Shinta, pihaknya telah mencetak lebih dari 30 juta surat suara yang didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota. Dan sampai saat ini prosentase yang sudah terkirim sekitar 66 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Jatim, yang mencapai 30.155.179 orang ditambah 2,5 persen di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Komisioner KPU Jatim Divisi bidang Perencanaan, Keuangan dan Logistik Pemilu, Dewita Hayu Shinta

“Dan sisanya kurang 12 daerah kabupaten/kota, saya pastikan akan terdistribusikan dengan segera,” terangnya pada kabarsurabaya.com di kantor KPU Jatim, Jalan Raya Tenggilis Surabaya, Senin (28/5/2018).

Dewita juga menambahkan bahwa KPU Jatim menargetkan seminggu setelah lebaran, surat suara sudah terdistribusikan ke seluruh wilayah di Jatim, mengingat jadwal pemungutan suara tinggal sebulan lagi.

“Kami akan pastikan semua wilayah sudah mendapat surat suara seminggu setelah lebaran. Sedang untuk yang dikepulauan, akan diprioritaskan pengirimannya, mengingat kami harus menyesuaikan jadwal keberangkatan kapal yang akan mengangkut surat suara tersebut,” tambahnya.

Sementara soal pencetakan surat suara, Dewita menjelaskan bahwa KPU Jatim hanya melakukan distribusi surat suara, sementara untuk proses pengadaan surat suara, semuanya dilakukan oleh KPU RI.

“Untuk percetakan kertas hingga hologram dari surat suara memang bukan kewenangan KPU Jatim. Semuanya kewenangan KPU RI,” pungkas Dewita. (men)

Leave a Reply