Jelang Arus Mudik, Jasa Marga Lakukan Persiapan. Ini yang Dilakukan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Menjelang arus mudik libur panjang Lebaran, PT Jasa Marga telah mematangkan persiapan untuk menghadapi lonjakan lalu lintas tol saat mudik lebaran tahun ini.

General Manager PT. Jasa Marga Tol Surabaya-Gempol, A.J. Dwi Winarsa mengatakan, secara umum di Ruas Jalan Tol Surabaya Gempol (Ruas Dupak-Gempd) tidak terjadi lonjakan lalu lintas yang signifikan pada periode arus mudik/arus balik seperti pada tahun-tahun sebelumnya, bahkan cenderung menurun, namun pihaknya tetap mengantisipasi segala kemunghkinan yang bias terjadi.

Jelang Arus Mudik, Jasa Marga Lakukan Persiapan

“Karena itu kami telah menyiapkan beberapa langkah strategis untuk menghindari kemacetan yang bias saja terjadi,” terangnya pada awak media di Kantornya Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya, Rabu (6/6/2018)

Winarsa juga menyampaikan perkiraan kondisi lonjakan lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik adalah sebesar14% dari LHR atau sebesar 244.129 kendaraan dari rata-rata kondisi normal sebesar 213.891 kendaraan, yang diperkirakan terjadi pada H-7 yang selanjutnya secara bertahap menurun sampai dengan -15,54%.

“Pada periode arus balik lalu lintas relatif tersebar dimana puncaknya diperkirakan terjadi pada H+7 dengan kenaikan sebesar 28.56% dati LHR,” tambah Winarsa.

Sementara pada ruas Jembatan Tol Suramadu, lonjakan Lalu lintas teringgi pada periode arus mudik adalah sebesar 6,7% dari LHR atau sebesar 28.527 kendaraan dari rata~rata kondisi normal sebesar 26.737 kendaraan, yang diperkirakan terjadi pada H-2. Sedang pada periode arus balik lalu lintas relatif tersebar dimana puncaknya diperkitakan terjadi pada H+8 dengan kenaikan sebesar 27.17% dari LHR

Sebagai antisipasi secara keseluruhan, Jasa Marga juga melakukan berbagai persiapan, seperti penambahan gardu dan rekayasa di gerbang tol (GT), pembukaan jalur alternative untuk pandaan–malang, serta penjualan kartu E-Toll dan pengisian kartu (Top-Up) di kawasan ruas jalan tol. (men)

Leave a Reply