243 Pos Kesehatan Disiagakan Dinkes Jatim di Sepanjang Jalur Mudik

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Sebanyak 243 pos kesehatan disiagakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur di sepanjang jalur mudik, yang bias digunakan pemudik bila membutuhkan layanan kesehatan saat perjalanan.

Dikatakan Kepala Dinkes Jatim, dr Kohar Hari Santoso, pada 2017 lalu ada sebanyak 145 posko kesehatan. Tahun ini ada penambahan posko kesehatan sebanyak 98 titik.

“Ini bagian dari upaya Dinkes untuk memberikan layanan optimal,” katanya, Jumat (8/6/2018).

Dinkes Jatim Siagakan 243 Pos Kesehatan di Sepanjang Jalur Mudik

Kohar juga menambahkan, pos kesehatan yang disiagakan hanya untuk pelayanan faskes kelas pertama. Apabila pasien perlu rujukan lebih lanjut sudah disiagakan klinik, Puskesmas dan rumah sakit terdekat. Total fasilitas kesehatan berbagai tingkat yang disiagakan Dinkes Jatim selama mudik Lebaran sebanyak 1.275 unit.

“Rinciannya, sebanyak 243 pos kesehatan, 159 rumah sakit, 38 klinik dan 835 Puskesmas yang siap melayani masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Kohar juga menjelaskan bahwa fokus perhatian Dinkes Jatim di masa mudik Lebaran kali ini adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data, kasus kecelakaan yang dialami pemudik didominasi kendaraan bermotor dan terjadi tidak dijalan tol melainkan di jalan arteri.

“Pada 2017 ada 656 kejadian kecelakaan lalu-lintas dengan korban meninggal dunia 38 jiwa, luka ringan 827 jiwa. Sedangakan yang menjalani rawat inap sebanyak 278 pasien,” terangnya.

Dinkes Jatim, masih menurut Kohar, terus mengintensifkan pemeriksaan terhadap pengemudi bus, berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan dinas perhubungan.

“Pengemudi tidak boleh memaksakan diri. Kalau dirasa lelah harus istirahat. Minimal jika sudah 4 jam berkendara berhenti dulu, istirahat agar tubuh fit kembali,” pungkasnya. (men)

Leave a Reply

Weekly theme , Seo , Health , Dating , Money , Hotels , Cheap flights