PPNS Jadi Corporate Partner Membership RINA

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) terus menambah amunisinya guna menaikkan daya saing. Kali ini, PPNS berhasil mendapatkan Corporate Partner Membership dari RINA. Dalam acara yang bertajuk Corporate Partner Membership Awarding and Study Program Re-acreditation, Trevor Blakeley selaku Chief Executive RINA menyerahkan secara langsung sertifikat keanggotaan kepada Direktur PPNS, Eko Julianto.

The Royal Institution of Naval Architect (RINA) adalah organisasi profesional yang terkenal secara internasional, yang anggotanya terlibat di semua tingkatan dalam pengembangan, desain, konstruksi, pengadaan kapal dan transportasi laut di seluruh dunia.

PPNS Jadi Corporate Partner Membership RINA

Organisasi yang berdiri dari 1860 dan berkantor pusat di Inggris ini mantap memberikan keanggotaan ke PPNS setelah melalui serangkaian proses evaluasi.

“Setiap organisasi yang akan menjadi corporate partner harus menunjukkan standar dan kualifikasi bidang perkapalan secara internasional. Setelah melalui hasil assessment, PPNS mampu menunjukkan itu,” ujar Trevor Blakeley, Selasa (7/8/2018).

Sementara Direktur PPNS, Eko Julianto menambahkan, dengan keanggotaan ini, mahasiswa akan mendapatkan akses gratis terhadap publikasi internasional, konferensi, dan pengetahuan tentang organisasi bidang perkapalan di seluruh dunia yang akan memberikan tambahan informasi ketika mereka ingin bekerja di perusahaan internasional.

“Capaian ini tentu sangat istimewa bagi kami, karena PPNS adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mendapat keanggotaan ini. Dengan kata lain, PPNS sudah sejajar dengan perusahaan lain yang tercantum di website RINA” katanya.

Tak hanya mendapatkan keanggotaan dari RINA, tiga program studi di PPNS yaitu Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal, Teknik Bangunan Kapal, dan Teknik Permesinan Kapal, juga akan mendapatkan re-akreditasi internasional dari RINA.

“Untuk mendapatkan akreditasi, RINA melakukan penilaian yang meliputi kurikulum, silabus, kerjasama dengan industri, penelitian dan inovasi dari masing-masing program studi,” jelas Eko.

Eko juga menambahkan bahwa pengakuan internasional yang didapatkan PPNS ini menjadi motivasi untuk memacu PPNS untuk terus menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi  tinggi bidang perkapalan.

“Saat ini, nama PPNS telah tercantum dalam website resmi RINA, tak menutup kemungkinan akan ada joint production, inovasi dengan perusahaan bidang perkapalan di negara lain,” pungkasnya. (men)

Leave a Reply