TelkomGroup Beri Bantuan Masyarakat Lombok Pasca Gempa

LOMBOK (kabarsurabaya.com) – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama sejumlah BUMN menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana gempa Lombok.

Bantuan ini, seperti dikemukakan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana di Lombok, Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu komitmen Telkom dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan bentuk kepedulian kepada masyarakat, khususnya masyarakat Lombok yang sedang tertimpa musibah.

TelkomGroup Beri Bantuan Masyarakat Lombok Pasca Gempa

“Bantuan ini diharapkan dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak bencana gempa bumi di Lombok,” ujarnya saat mengunjungi langsung tenda-tenda penampungan pengungsi, termasuk menemui anak-anak korban gempa di Posko Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di kota Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Sebagai wujud BUMN Hadir untuk Negeri, masih menurut Siti, Telkom harus hadir dalam situasi apa pun terlebih lagi kondisi pasca gempa seperti sekarang ini.

“Spirit kita adalah memberikan yang lebih untuk membuat kondisi menjadi lebih baik” ungkap Siti.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat, TelkomGroup memberikan paket khusus berupa gratis panggilan 50 menit dan gratis 200 SMS ke semua operator selama tujuh hari bagi semua pelanggan prabayar Telkomsel yang ada di Lombok.

Selain itu, TelkomGroup juga memberikan bantuan kebutuhan pokok serta sarana dan prasarana lainnya, seperti bantuan dua mobil boks, dua unit sarana MCK, material untuk rumah ibadah di tiga lokasi, genset, sembako, dan selimut serta bantuan telepon gratis di lokasi-lokasi pengungsian.

Bantuan tersebut disalurkan melalui Posko BUMN Hadir untuk Negeri yang dikoordinir oleh Bank Mandiri. Selanjutnya seluruh bantuan disalurkan ke sejumlah kecamatan yang terdampak bencana gempa.

Disisi lain, terkait dengan pemulihan layanan telekomunikasi, TelkomGroup mengaktifkan Crisis Management Team yang bertugas mengawal pemulihan infrastruktur dan layanan serta mengkoordinasi penyaluran bantuan kepada masyarakat. Tim ini melakukan pemantauan kondisi lapangan selama 24 jam di Crisis Center Nasional di Jakarta serta di Posko Darurat TelkomGroup Kantor Witel Mataram.

“Seluruh infrastruktur dan layanan TelkomGroup di Lombok saat ini telah normal kembali. Namun demikian, TelkomGroup masih terus melakukan pemantauan dan langkah-langkah mitigasi guna mengurangi dampak bencana, khususnya terhadap infrastruktur dan alat produksi TelkomGroup di Pulau Lombok,” pungkas Siti. (men)

Leave a Reply