RS PHC Surabaya Luncurkan Anjungan Pendaftaran Mandiri

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Jika sebelumnya pasien RS PHC Surabaya sudah dimudahkan dengan adanya pendaftaran rawat jalan online dengan aplikasi RS PHC Care (dapat diunduh gratis di Google Play Store), kali ini inovasi yang dihadirkan anak usaha Pelindo III tersebut ialah Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM).

President Director PT PHC, dr. Agus Akhmadi, M. Kes. menjelaskan, apabila sebelumnya pasien ingin mendaftar rawat jalan ke poli spesialis yang dituju harus menunggu 5-10 menit untuk dilayani petugas admisi, sekarang pasien hanya perlu waktu kurang dari 45 detik untuk melakukan pendaftaran rawat jalan ke poli spesialis yang dituju secara mandiri.

RS PHC Surabaya luncurkan anjungan pendaftaran mandiri untuk permudah pasien

“Ada sejumlah manfaat langsung yang bisa dirasakan oleh pasien dengan hadirnya APM, dianatarnya; cut the queue (daftar rawat jalan tanpa harus antre lagi di admisi), paperless (hasil cetak atau print out antrean yang biasanya menggunakan kertas, diubah dengan menggunakan SMS gateway), serta better healthcare planning (pasien bisa leluasa memilih dokter terbaik sesuai keinginan),” terangnya pada acara HUT ke-19 PT Pelindo Husada Citra (PHC) di Surabaya, Sabtu (1/9/2018).

Tak hanya itu, lanjut Agus, yang membedakan APM RS PHC Surabaya dengan APM rumah sakit lain ialah sudah terintegrasinya sistem APM dengan komputer dan tablet/tab masing-masing perawat poli spesialis.

Agus juga menambahkan, ketika pasien sudah berhasil melakukan pendaftaran, Ialu mendapat notiiikasi SMS, pasien bisa langsung ke poli spesialis yang dituju, database pasien yang telah berhasil melakukan pendaftaran secara real time diketahui perawat melalui tablet/tab.

“Sistem ini juga sudah terkoneksi dengan aplikasi RS PHC Care. Jadi pasien yang mendaftar melalui aplikasi RS PHC Care, bisa langsung ke poli spesiaIis yang dituju sesuai jam dan hari yang dipilih, tanpa ke APM Iagi,” tambahnya.

Di RS PHC Surabaya yang menjadi layanan kesehatan favorit di wilayah Surabaya Selatan, pasien dapat memanfaatkan mesin APM yang tersedia di Gedung PMC Lantai 1 (2 APM), Gedung PMC Lantai 2 (4 APM) dan 3 APM Iainnya di Gedung Grha Lantai 1 RS PHC Surabaya.

“Kami memahami waktu sangatlah berharga, dengan hadirnya APM ini, akan memangkas 50-75 persen waktu antrean rawat jalan pasien,” terang Agus.

Masih menurut Agus, saat ini di pelayanan Farmasi, waktu tunggu pasien untuk pengambilan obat juga dipangkas.

“Kami sudah bekerjasama dengan Halo doc, dimana setelah pasien menen’ma resep dari dokter, jika pasien tidak ingin repot dan lama menunggu di Pelayanan Farmasi, pasien bisa menggunakan jasa Halo doc untuk mengirim obat yang sudah diresepkan tadi untuk dikirim ke rumah masing-masing. Layanan ini gratis, selama pasien berada di 40 km dari area RS PHC Surabaya,” pungkasnya. (men)

Leave a Reply