Paguyubaan Customers Sipoa (PCS) Gelar Aksi Unjuk Rasa Damai ke Kejaksaan Tinggi Jatim

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Ratusan korban dugaan penipuan PT. Sipoa Legacy Land atau PT. Sipoa Group yang tergabung dalam Paguyubaan Customers Sipoa (PCS), kembali melakukan aksi unjuk rasa damai di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur di jalan A. Yani Surabaya.

Seperti dikemukakan Kuasa Hukum PCS, Masbuhin, aksi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan proses pelaporan yang sebelumnya sudah dilayangkan ke Polda Jatim.

Paguyubaan Customers Sipoa (PCS)GelarAksiUnjuk Rasa DamaikeKejaksaan Tinggi Jatim

“Ini memang kelanjutan dari pelaporan kami sebelumnya ke Polda Jartim, karena kami ingin meminta perhatian lebih dari Kejaksaan Tinggi Jatim terkait pengawalan laporan kami sebelumnya, termasuk dalam hal barang bukti,” terangnya disela-sela aksi unjuk rasa damai di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Rabu (5/9/2018).

Pada intinya, masih menurut Masbuhin, tuntutan yang kami minta dar iKejaksaan Tinggi adalah keseriusan kejaksaan tinggi Jawa Timur khususnya para jaksa tekait penanganan kasus dan pengamanan barang bukti berupa asset-aset benda bergerak dan tidak bergerak atas pelaporan berdasar laporan pidana bernomor PB/373/III/2018/UM/Jatim/ tanggal 26 Maret 2018 tentang perkara pidana penipuan dan atau penggelapan dan/atau pencucian uang sebagai mana dimaksud dalam pasal 378 KUHP dan /atau pasal 372 KUHP dan/atau pasal 4 dan 5 UU RI No. 8 Tahun 2010 tentang TPPU terhadap kasus Proyek Simpoa yang sebelumnya telah disita oleh Polda JaTim.

Aksi teatrikal yang dilakukan para pengunjuk rasa damai dari Paguyubaan Customers Sipoa (PCS)

“Kami juga meminta pihak perhatian Kejaksaan Tinggi soal pengembalian atas kerugian yang diderita para pembeli/korban/pelapor, sebagai tindak lanjut Kejaksaan Tinggi Jatim sesuai tugas pokok dan fungsi kejaksaan,” tambah Masbuhin.

Aksi unjuk rasa damai ini mendapat tanggapan baik dari pihak Kejaksaan Tinggi yang kemudian melakukan mediasi dengan wakil pengunjuk rasa dari PCS untuk membicarakan tuntutan tersebut.

Ditemui Jaksa Usman dan Benny yang menangani kasus pidana ini, pada intinya akan mensuport dan memperhatikan tuntutan pihak PCS serta memberi kemudahan pada pihak PCS dalam memperoleh informasi terkait kasus tersebut. (men)

Leave a Reply