Unesa Kirim Mahasiswa Untuk Bantu Korban Gempa Lombok

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Kondisi Pulau Lombak yang terkena bencana gempa bumi memang sudah berangsur-angsur pulih. Namun demikian masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk membuatnya kembali seperti semula.

Kenyataan ini membuat Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar kegiatan “Unesa Peduli Lombok” dengan mengirimkan bantuan dan mahasiswa relawan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata serta pengabdian kepada masyarakat tanggap Bencana Gempa Bumi di Lombok Barat.

Dikatakan Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sivitas akademika Unesa terhadap penderitaan korban di Pulau Lombok. Karena bagaimanapun, menurutnya, rangkaian gempa Lombok telah memberikan dampak yang luar biasa kepada warga di sana, baik itu kerusakan fisik maupun secara mental masyarakat Lombok sangat terpukul dengan adanya bencana gempa ini.

Unesa Kirim Mahasiswa Untuk Bantu Korban Gempa Lombok

“Hal ini pula yang membuat kami memutuskan untuk berpartisipasi dalam memberikan sedikit sumbangsih bagi warga Lombok, dengan mengirim tim yang terdiri dari 31 mahasiswa dan 16 dosen untuk membantu masyarakat Lombok yang terkena bencana,” terangnya saat melepas tim Peduli Lombok, di lobby gedung rektorat Unesa Lidah Kulon, Senin (24/9/2018).

Nurhasan juga menambahkan bahwa tim Unesa tidak hanya datang dengan bantuan materil saja, melainkan juga pendampingan, khususnya pemberian trauma healing untuk meredakan stress dan fun sport untuk mengajak anak-anak bergembira.

“Kami berharap melalui misi ini, saudara kita yang tertimpa musibah dapat kembali tumbuh semangatnya dalam menjalani kehidupan”, terangnya

Selain mengirimkan tim ke Lombok, Nurhasan juga berjanji untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa yang berasal dari Lombok, dimana menurut data dari bidang pendidikan, terdapat 131 mahasiswa Unesa yang berasal dari sana.

“kami sedang memikirkan untuk memberikan bantuan SPP bagi teman kita yang dari lombok.” lanjut mantan Dekan Fakultas Ilmu Olahraga itu.

Kegiatan Unesa Peduli Lombok yang akan dilakukan di tiga desa yakni Desa Gunturmacan, Desa Dopang, dan Desa Mambalang, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat ini, akan berlangsung pada tanggal 24-30 September 2018. (men)

Leave a Reply