KPP Bea Cukai Juanda Raih Sertifikat ISO 9001- 2015 dan Resmikan TPP serta Dojo Beladiri

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean ( KPPBC TMP ) Juanda Surabaya berhasil meraih perhargaan sertifikat ISO 9001- 2015 dalam hal pelayanan masyarakat berstandar internasional.

Kepala KPPBC TMP Juanda. Budi Harjanto menjelaskan bahwa keberhasilan memperoleh ISO 9001- 2015 ini dimulai pada tahun lalu, ketika ada dorongan dari petinggi di jajaran Bea Cukai untuk menciptakan layanan yang berstandar internasional.

Kepala KPPBC TMP Juanda, Budi Harjanto (kiri) saat menerima sertifikat ISO 9001- 2015, Kami (27/9/2018)

“Karena itu kami kemudian terus memperbaiki system pelayanan dan berkomitmen untuk terus mendukung dan meningkatkan pelayanan masyarakat dengan standar Internasional. Dan pada puncaknya, hari ini kita mendapatkan penghargaan serifikat ISO 9001 – 2015,” terangnya di kantor Bea dan Cukai Juanda, Kamis (27/9/2018).

Budi juga menambahkan, dengan diperolehnya sertifikat ISO ini, maka banyak hal yang harus kita hadapi dan akan terus ditingkatkan, terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

“Ini harus terus kita lakukan karena setiap tahun akan dilakukan evaluasi, dimana bila pelayanan prima ternyata menurun, maka sertifikat ini bisa saja dibatalkan,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Sabar Iman Kembaran selaku Technical and Operation Manager PT Intertek  Utama Services, sebagai lembaga yang mengeluarkan sertifikat ISO, yang mengatakan bahwa sertifikat ISO ini tidak bersifat mutlak, karena setiap tahun akan dilakukan evaluasi terkait dengan konsistensi pelayanan yang terjadi di KPPBC TMP Juanda ini.

“Setiap tahun, kami akan melakukan evaluasi dengan melihat bagaimana standar kualitas pelayanan disetiap prosesnya, apakah sistem pelayanan tersebut masih tetap konsisten atau tidak. Dan bila dalam pelayanannya ternyata tidak konsisten, kita akan melakukan major finding dan sertifikatnya akan kita cabut sewaktu-waktu,” tegas Sabar.

Sementara Budi Harjanto, kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mensia-siakan kepercayaan yang sudah diberikan melalui sertifikat ISO ini, dan bahkan kedepannya justru ingin meningkatkan lagi dengan mengejar sertifikasi ISO 3000 – 37001 yang berkaitan dengan pencegahan korupsi.

Dalam kesempatan yang sama, selain acara penyerahan Sertifikat ISO 9001 – 2015, KPP Bea Cukai Juanda juga melakukan peresmian TPP Bea Cukai Juanda dan peresmian Dojo Bela Diri Amura Bea Cukai Juanda. (men)

Leave a Reply