Peringati HUT ke-73 TNI AL, Lantamal V Gelar Bhakti Sosial dan Bersih Bersih Pantai

PROBOLINGGO (kabarsurabaya.com) – Peringati HUT 73 TNI dan TNI AL tahun 2018, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal)  V menggelar Bhakti Sosial kesehatan dan bersih-bersih pantai di Dermaga Pelabuhan BUM Pulau Gili Ketapang  Kabupaten Probolinggo, Jatim, Sabtu (29/9/2018).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H. ini, juga dihadiri Wadan Lantamal V Kolonel Marinir CTO Sinaga,  para Asisten Danlantamal V, Para Kepala Dinas dijajaran Lantamal V,  Danlanal Banyuwangi,  para kepala dinas dijajaran Pemkab Probolinggo, Pengasuh Ponpos Genggong dan undangan lainnya.

Peringati HUT ke-73 TNI AL, Lantamal V Gelar Bhakti Sosial dan Bersih Bersih Pantai

Kegiatan yang diinisiasi Lantamal V ini, didukung Pemkab Probolinggo, Saka Bahari Jawa Timur, Ponpes Genggong Zainul Hasan DKP,  Dinas Pariwisata dan instansi lainnya. Bahkan Ponpes Genggong menurunkan puluhan mahasiswanya dari INZAH (Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan dan STIH (Sekolah Tinggi Ilmu hukum) Zainul.

Menurut Asisten II Pemkab Probolinggo, Mohammad Happy, yang mewakili Bupati Probolinggo mengatakan, bahwa Pemkab Probolinggo mengapresiasi dan mendukung langkah Lantamal V yang memilih dan menggelar kegiatan bhakti sosial dan bersih-bersih laut di wilayahnya.

“Saya antas nama pemerintah Probolinggo mendukung dan berterimakasih kepada Lantamal  V,” terangnya.

Ia juga berharapa kepada masyarakat agar lebih terbuka dan membantu kegiatan bakti sosial dan bersih-bersih pantai, sehingga bisa berdampak positif terhadap nilai jual Gili ketapang sebagai salah satu unggulan destinasi wisata di Probolinggo.

Sementara itu Komandan Lantamal V dalam sambutannya mengatakan bahwa pemanfaatan potensi maritim ini sangatlah penting,  laut harus menjadi pekarangan depan rumah, tidak lagi dipunggungi.

“Namun pemanfaatan ini juga harus bijak, sehingga alam tidak rusak. Dan kalau kita memanfaatkan dengan serakah dan membabibuta tanpa mengindahkan lingkungan, maka alam akan marah, dan akan ada dampak  negatif yang akan merugikan kita sebagai penghuni bumi,” terangnya.

Selain bersih-bersih pantai, Lantamal V juga mengadakan bhakti sosial kesehatan berupa pengobatan gratis bagi masyarakat Gili Ketapang, serta penyerahan bahan kontak berupa beberapa unit gerobak sampah dan tong sampah yang diterima Kepala Desa Gili Ketapang, Supriono. (men)

Leave a Reply