Mahasiswi UKWM Ciptakan Sunscreen Gel dari Ekstrak Bit Merah

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Akhir-akhir ini umbi bit merah atau yang memiliki nama latin Beta vulgaris sering dicari dan dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, yaitu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain manfaat kesehatan, ternyata umbi bit merah juga memiliki manfaat lain sebagai pewarna dalam kosmetik tata rias.

Namun demikian, belum ada produk kosmetik perawatan kulit (skincare) yang terbuat dari umbi bit merah. Padahal umbi bit merah memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk skincare yang bermanfaat dan memiliki daya jual yang tinggi.

Peluang inilah yang menginspirasi Maria Gracela, mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS) untuk membuat gel tabir surya (sunscreen) berbahan dasar umbi bit merah yang diberi nama BeetaBeauty.

Mahasiswi UKWM Ciptakan Sunscreen Gel dari Ekstrak Bit Merah

Maria Gracela menjelaskan, sunscreen merupakan produk skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, karena sinar UV (Ultra Violet) dari matahari yang terkena kulit secara terus-menerus bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada kulit.

“Menurut penelitian, umbi bit merah mengandung senyawa betalain yang cukup tinggi yaitu sekitar 127,7mg per 100g umbi bit merah segar. Senyawa ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas salah satunya adalah paparan sinar UV berlebihan yang dapat membahayakan kulit. Karena itu saya gunakana umbi bit merah untuk tabir surya,” terangnya.

Maria juga menjelaskan, untuk satu produk sunscreen, dibutuhkan kurang lebih 350 gram (2-4 umbi bit merah). Formula yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada penelitian sebelumnya dengan basis gel.

“Basis gel dipilih karena memiliki karakteristik memberikan efek dingin setelah digunakan dan mudah dioleskan serta mudah diserap khasiatnya oleh kulit,” ucap Maria.

Dalam penelitian yang dibimbing oleh Farida Lanawati Darsono, S.Si., Msc. dan Dra. Hj. Liliek S. Hermanu, MS., Apt.ini diklaim bahwa BeetaBeauty memenuhi standar aman untuk digunakan langsung pada kulit. Dan produk ini juga sudah diujikan kepada puluhan panelis dalam skala laboratorium. (men)

Leave a Reply