Gus Ipul Apresiasi Penerbangan Reguler Surabaya–Jeddah

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf mengapresiasi dibukanya  penerbangan reguler, Surabaya–Jeddah, Saudi Arabia menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines.

Apresiasi tersebut disampaikannya saat menghadiri peresmian penerbangan perdana Saudi Arabia Airlines serta Upacara Penghormatan Water Salute di Terminal Bandara Udara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Senin (29/10/2018).

Wagub Jatim, Gus Ipul, Resmikan Penerbangan Perdana Saudi Arabia Airlines di Surabaya

“Selama ini penerbangan rute Surabaya–Jedaah hanya khusus diperuntukkan melayani penumpang dengan tujuan ibadah umroh dan haji. Akan tetapi, setelah diresmikan pada hari ini, Saudi Arabian Airlines akan melayani masyarakat reguler yang ingin melakukan berbagai macam kegiatan seperti bisnis maupun bekerja disana,” terangnya.

Diakui Gus Ipul sapaan akrabnya, rute penerbangan dari Surabaya–Jedaah atau sebaliknya terus mengalami peningkatan jumlah penumpang. Tahun lalu saja, jumlah penumpang yang berangkat umroh mencapai 800 ribu. Jumlah itu terus bertambah pada tahun ini yang mencapai satu juta penumpang.

“Peningkatan jumlah penumpang ini harus disambut dengan baik. Oleh karenanya,  pemerintah terus melakukan peningkatan fasilitas pelayanan di Bandara Juanda sehingga di tahun mendatang, Bandara International Juanda mampu melayani dan menampung 50 juta penumpang,” tegasnya.

Dihadapan, Duta Besar dan pengusaha dari Saudi Arabia yang hadir, Gus Ipul juga mengatakan, bahwa Saudia Airlines merupakan maskapai terbesar milik pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan telah beroperasi di Indonesia sejak 12 Januari 1978.

Ia berharap, dengan beroperasinya rute penerbangan dari Surabaya menuju Arab Saudi ini, mampu memberikan semangat bagi umat muslim di Jatim untuk lebih meningkatkan ibadah sehingga dapat beribadah di tanah suci Mekkah dan Madinah.

“Semoga penerbangan ini memberikan tambahan semangat bagi umat islam untuk lebih meningkatkan seluruh ibadahnya,” jelasnya.

Sementara itu, Saudia Manager Indonesia–Australia–New Zealand, Ala Jefry mengungkapkan, bahwa Saudi Airlines sangat serius untuk mengembangkan pasar outbond dari Arab Saudi ke destinasi Indonesia.

Ia menambahkan, untuk penerbangan rute Surabaya-Jeddah menggunakan pesawat jenis Saudia SV 3888 yang beroperasi dengan tipe pesawat Boeing 747-400 dengan kapasitas 450 kursi. Penerbangan dari Jeddah ke Surabaya, akan dimulai dengan empat kali penerbangan per pekan. Sementara di Medan dimulai dua kali penerbangan per pekan. (men)

Leave a Reply