Presiden Jokowi Buka Festival Keraton Di Sumenep

SUMENEP (kabarsurabaya.com) – Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) dengan didampingi Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, membuka Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara ke-5 Tahun 2018, di depan Masjid Jamik Kabupaten Sumenep, Minggu (28/10/2018) sore.

Sekitar pukul 16.30 WIB, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan memasuki tenda undangan menyaksikan berbagai penampilan Festival Keraton ini.

Dalam sambutannya, Presiden RI Ir. Joko Widodo meminta kepada seluruh peserta festival dan masyarakat untuk terus menjaga, merawat dan memelihara rasa persatuan, persaudaraan dan kerukunan.

Presiden Jokowi Buka Festival Keraton Di Sumenep

Karena pada dasarnya, masih menurut Presiden Jokowi, aset Bangsa Indonesia itu persatuan, kerukunan dan persaudaraan. Dan meski Bangsa Indonesia maju dalam teknologi, tetapi jangan sampai mundur dari budaya. Berbagai budaya ini bisa dilihat dari festival keraton ini.

“Betapa perbedaan kita terlihat. Berbeda agama, adat, suku. Tetapi kita tetap bersatu dan rukun. Inilah anugerah yang diberikan Tuhan kepada Indonesia. Karena itu, kita harus mempertahankan akar budaya, jaga terus persatuan dan kesatuan,” ujar Presiden Jokowi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Presiden Jokowi juga berpesan agar masyarakat tidak terjebak pada pusaran ujaran kebencian dan hoax.

“Untuk itu, mari bersama-sama kita membangun peradaban Indonesia yang besar, terhormat dan bermartabat,” tambahnya.

Gubernur Jatim Pakde Karwo beserta Bude Karwo dalam kirap Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara ke-5 Tahun 2018

Festival Keraton yang diikuti sebanyak 300 Raja, Sultan, Permaisuri, dan Pangeran, serta 1.500 prajurit dan abdi dalam ini, merupakan ajang tahunan yang mempertemukan para raja dan kesultanan Nusantara, bertujuan untuk menjaga tali silaturahmi antar keraton. Selain juga untuk meningkatkan peran sebagai warisan budaya bangsa.

Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara ini berisikan pagelaran seni dan budaya bernuansa keraton. Seperti Kirab Agung Prajurit Keraton, Pagelaran Kesenian Keraton, Pagelaran Upacara Adat Keraton, Pagelaran Busana Keraton, Pameran Benda-Benda Pusaka Keraton, Pertemuan Raja atau Sultan Nusantara.

Sebelumnya, Pakde Karwo mendampingi Presiden RI bersilaturahmi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Sumenep di Pendopo Kabupaten Sumenep.

Hadir juga dalam kesempatan itu, Presiden RI Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, Gubernur Jatim Pakde Karwo beserta Bude Karwo, Menteri Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Juru Bicara Presiden Johan Budi, Bupati Sumenep KH. A. Busyro Karim, Forkopimda Provinsi Jatim, Forkopimda Kabupaten Sumenep. (men)

Leave a Reply