Nuffic Neso Indonesia Ajak Masyarakat Surabaya Belajar di Belanda

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Nuffic Neso Indonesia, organisasi non-profit yang mewakili pemerintah Belanda untuk kerjasama internasional bidang Pendidikan, kembali akan menggelar sosialisasi program studi berbahasa Inggris yang ditawarkan oleh 16 universitas dari Belanda, serta sosialisasi program beasiswa dari pemerintah Belanda, melalui Pameran Pendidikan Belanda di Surabaya.

Dalam Pameran Pendidikan berjudul Dutch Placement Day (DPD) yang digelar di Hotel Four Points by Sheraton pada 6 November 2018 ini, masyarakat Indonesia yang tertarik untuk studi di Belanda dapat bertatap muka langsung dengan perwakilan universitas Belanda. Selain itu juga, akan digelar presentasi universitas dan lembaga pengelola beasiswa, seminar motivation statement, serta IELTS Try Out.

Nuffic Neso Indonesia Ajak Masyarakat Surabaya Belajar di Belanda

Aspek yang melatarbelakangi Nuffic Neso Indonesia untuk menyelenggarakan pameran pendidikan tinggi Belanda di Surabaya ini, menurut Sofia Yang selaku Education Promotion Officer Nuffic Neso Indonesia, dikarenakan adanya peningkatan kesadaran para pelajar untuk membekali dirinya dengan pengetahuan dan kemampuan untuk dapat bersaing di era globalisasi.

“Selain itu juga karena minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan program studi baik S1, S2, S3 maupun program kursus singkat di luar negeri, semakin meningkat. Apalagi ada lebih dari 2,100 program studi dengan Bahasa pengantar Bahasa Inggris yang ditawarkan oleh universitas Belanda,” terangnya.

Sofia juga menjelaskan, dengan menghadiri DPD 2018 ini, diharapkan para pengunjung akan mendapatkan informasi langsung dari 16 universitas di Belanda tentang program studi yang ditawarkan dan persyaratan untuk dapat diterima oleh unviersitas di Belanda.

“Pengunjung juga dapat memiliki gambaran utuh mengenai biaya-biaya studi, sehingga dapat mempersiapkan finansial pribadi atau untuk aplikasi beasiswa,” lanjut Sofia.

Selain pameran pendidikan, dalam DPD ini juga akan diadakan presentasi dari beberapa universitas Belanda, berbagai beasiswa untuk studi di Belanda, seminar menulis Motivation Statement, dan IELTS try out hasil kerjasama dengan Kaplan Edupac Indonesia.

Bahkan untuk pertama kalinya, dalam DPD 2018 ini juga akan digelar “DPD 2018 Instagram Competition” yang didukung oleh KLM dan Erasmus Training Centre, dengan hadiah 1 tiket pp Jakarta–Amsterdam dari KLM Royal Dutch Airlines bagi pemenang pertama, serta 1 paket kursus gratis Bahasa Belanda dari Erasmus Training Centre untuk masing-masing pemenang ke dua dan ke tiga. Syarat dan ketentuan untuk mengikuti kompetisi ini dapat ditemukan di www.nesoindonesia.or.id/dpdigcomp. (men)

Leave a Reply