Bank Mandiri Terus Sosialisasikan Mandiri Hospital Application System dan Program BPJS Financing

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Dalam kondisi bisnis dengan timgkat kompetisi yang ketat, Bank Mandiri terus melakukan inovasi dalam pelayanannya, termasuk dalam hal kesehatan melalui Mandiri Hospital Application System (MHAS) dan program BPJS Financing.

Dalam mensosialisasikan program ini, Bank Mandiri menggelar acara Customer Gathering Mandiri Healthcare Solutions yang dikhususkan bagi Rumah Sakit dan BPJS Kesehatan, di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (7/11/2018).

Kegiatan yang dihadiri Regional CEO Bank Mandiri Region VIII Jawa 3, R. Erwan Djoko Hermawan ini, juga dihadiri Asisten Deputi Bidang Perencanaan, Keuangan dan Manajemen Resiko BPJS Kanwil Jawa Timur, Chandra Jaya beserta Kepala cabang BPJS Surabaya, Gresik dan Sidoarjo,  dan sekitar 30 pimpinan dan manajemen Rumah Sakit mitra Bank Mandiri di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

Regional CEO Bank Mandiri Region VIII Jawa 3, R. Erwan Djoko Hermawan

Dalam sambutannya Regional CEO Bank Mandiri Region VIII Jawa 3, R. Erwan Djoko Hermawan mengatakan, sejalan dengan salah satu fokus Bank Mandiri di sektor kesehatan khususnya Rumah Sakit (RS), saat ini Bank Mandiri telah mengembangkan fasilitas yang dapat digunakan oleh Rumah Sakit untuk melakukan kegiatan transaksional keuangan dengan lebih mudah dan efisien, melalui MHAS.

“MHAS merupakan dashboard yang berguna untuk mendukung proses kelancaran bisnis RS dengan memberikan kemudahan di bidang penerimaan (collection), likuiditas (liquidity) dan pembayaran (payment),” terangnya.

Erwan juga menjelaskan, fasilitas yang dikembangkan oleh Bank Mandiri dan sudah diterapkan pada beberapa RS  secara Nasional pada RS vertikal, diharapkan dapat digunakan oleh RS-RS lainnya sesuai dengan kebutuhan masing masing RS, karena MHAS dapat disetting sesuai dengan kebutuhan.

Bank Mandiri menggelar acara Customer Gathering Mandiri Healthcare Solutions yang dikhususkan bagi Rumah Sakit dan BPJS Kesehatan, di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (7/11/2018)

“Dengan fasilitas ini diharapkan Rumah Sakit dapat terbantu mulai dari awal sampai akhir system operasional dan keuangannya. Jadi tidak perlu lagi ada proses manual yang dilakukan,” lanjut Erwan.

Bank Mandiri Dukung BPJS

Sementara untuk program BPJS Financing, Erwan menjelaskan bahwa selain transaksional sehari-hari, Bank Mandiri juga mendukung BPJS Kesehatan dan RS dalam percepatan penerimaan klaim yang diajukan Rumah Sakit ke BPJS Kesehatan dalam bentuk pembiayaan talangan kepada RS dengan tujuan untuk menjaga likuiditas RS.

“BPJS Financing merupakan salah satu produk dari Supply Chain Financing, dimana dalam program ini, Bank Mandiri akan memberikan pembiayaan melalui pengambil alihan invoice BPJS sebelum jatuh tempo,” lanjut Erwan.

Erwan juga menjelaskan, adanya  pembayaran dengan sistem termin dari BPJS, Rumah Sakit mengalami kebutuhan dalam cash flownya dalam menjalankan layanan operasional.

“Untuk itu, melalui BPJS Financing ini, Bank Mandiri akan membantu menalangi biaya RS yang ditagihkan ke BPJS, agar operasional RS bisa tetap terjaga,” terang

Sampai dengan saat ini sudah sekitar 50 Rumah Sakit di seluruh Indonesia yang sudah mendapat fasilitas pembiayaan talangan tagihan dari Bank Mandiri, dengan total dana yang sudah disalurkan sejak tahun 2017, sekitar Rp 500 Milyar.

Sementara di wilayah Jawa Timur, fasilitas BPJS Financing telah diterapkan di beberapa wilayah seperti Surabaya, Gresik, Malang, dan Kediri. Dan akan terus dikembangkan ke berbagai kota lainnya. (men)

Leave a Reply