Enam Belas Universitas Belanda hadir bertemu masyarakat Surabaya

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Nuffic Neso Indonesia untuk kesekian kalinya hadir di Surabaya guna menyelenggarakan pameran pendidikan Belanda. Untuk kali ini, sebanyak 16 universitas riset maupun universitas ilmu terapan Belanda dihadirkan, untuk bertemu langsung dengan masyarakat Surabaya yang tertarik untuk studi di Belanda pada jenjang foundation, Bachelor, Master, PhD, maupun jenjang non-degree seperti kursus singkat.

Melalui pameran pendidikan tinggi Belanda yang diselenggarakan pada Selasa, 6 November 2018 di Four Points Hotel by Sheraton dengan tema “Dutch Placement Day (DPD) 2018”, diharapkan dapat meningkatnya kesadaran para pelajar untuk membekali dirinya dengan pengetahuan dan kemampuan dengan baik untuk dapat bersaing di era globalisasi.

Peter van Tuijl, direktur Nuffic Neso Indonesia

DPD menjadi one stop information centre dimana pengunjung dapat berkonsultasi one on one, mengikuti presentasi universitas maupun Lembaga pengelola beasiswa, seminar menulis motivation statement, hingga mengikuti IELTS Try Out.

Peter van Tuijl, direktur Nuffic Neso Indonesia mengatakan, dengan menghadiri acara ini, pengunjung mendapatkan informasi langsung dari universitas di Belanda tentang program studi yang ditawarkan, biaya-biaya yang bersangkutan selama kuliah di Belanda, cara pendaftaran, dan persiapan-persiapan yang perlu dilakukan untuk mendaftar ke universitas di Belanda.

Termasuk juga informasi umum mengenai universitas-universitas yang kebetulan tidak berpartisipasi dalam DPD, maupun kehidupan pelajar di Belanda, serta informasi beasiswa untuk studi di Belanda.

Enam Belas Universitas Belanda hadir bertemu masyarakat Surabaya

“Sungguh sebuah kebanggaan bagi Nuffic Neso Indonesia, dapat menyambut warga Surabaya di DPD 2018, dimana hari ini secara eksklusif kami sajikan berbagai informasi tentang Belanda sebagai tujuan studi ketika terlintas dipikiran Anda untuk studi di luar negeri,” ujar Peter kepada awak media, Selasa (6/11/2018).

Dari 27 institusi pendidikan tinggi Belanda yang datang ke Indonesia untuk mengikuti rangkaian pameran pendidikan DPD & European Higher Education Fair di berbagai kota, 16 institusi memutuskan mengikuti acara DPD di Surabaya. Alasan universitas tersebut berpartisipasi pada acara DPD di Surabaya karena mereka melihat besarnya potensi masyarakat baik dari segi minat maupun kemampuan untuk sekolah di luar negeri.

Antusias masyarakat Surabaya terhadap informasi pendidikan di luar negeri khususnya di Belanda dapat terlihat dari jumlah pendaftar yang tercatat mencapai sebanyak 800 orang pelajar/lulusan SMA, mahasiswa perguruan tinggi, karyawan, orang tua murid, maupun praktisi akademis.

Lebih jauh Peter juga menambahkan, sektor pendidikan tinggi Belanda menyediakan lingkungan belajar yang sangat berorientasi internasional, karena siswa dari semua budaya dan agama ada di sini. Bahkan Belanda adalah negara pertama di benua Eropa yang menawarkan program studi berbahasa Inggris dan gelar yang diakui dunia.

“Pendidikan tinggi di Belanda memiliki kualitas tinggi dan telah berhasil mempertahankan reputasi di tingkat dunia. Sembilan universitas riset Belanda berada di 200 besar the World University rankings dan Belanda menduduki peringkat 4 terbaik dalam kualitas pendidikan secara umum,” terang Peter.

Untuk belajar di Belanda, lanjut Peter, tak perlu repot mempersiapkan belajar Bahasa Belanda secara khusus, karena telah ditawarkan lebih dari 2,100 program studi internasional yang pengajarannya sepenuhnya dilaksanakan dalam bahasa Inggris.

“Calon mahasiswa hanya perlu memenuhi kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan ujian IELTS atau TOEFL. Bahkan lebih dari 90% masyarakat Belanda pun mampu berbahasa Inggris, sehingga para pelajar tidak kesulitan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Selain di Surabaya, DPD 2018 juga akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 9 November di Perpustakaan Nasional RI (Medan Merdeka Selatan). Informasi mengenai DPD 2018 dapat diakses di www.nesoindonesia.or.id/daftardpd2018. (men)

Leave a Reply