BPJS Kesehatan Sosialisasikan Program JKN–KIS pada Satuan Kerja TNI–Polri

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Surabaya terus melakukan berbagai kegiatan untuk membuat kelompok masyarakat memahami Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satunya dengan melakukan sosialisasi Program JKN–KIS pada satuan kerja TNI–Polri, pada hari Rabu (12/12/2018).

Dalam sosialisasi yang dihadiri puluhan peserta satuan kerja dari Polda, Polrestabes, Kodam, Koramil, dan AAL ini, dijelaskan mengenai aturan baru yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018.

Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Surabaya Chohari.menjelaskan, dalam Perpres yang baru ini, ada beberapa ketentuan baru yang perlu diketahui dan dipahami masyarakat.

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Program JKN–KIS pada Satuan Kerja TNI–Polri

“Karena itu, kita terus gencarkan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk personil TNI-Polri. Harapannya mereka dapat meneruskan kepada satuan kerja maupun kerabat mereka,” ujarnya.

Perpres Nomor 82 tahun 2018, lanjut Chohari, salah satunya mengatur mekanisme rekrutmen peserta bagi Pegawai Pemerintah Non PNS (PPNPN), serta penjelasan upah terendah untuk perhitungan iuran dalam Program JKN-KIS.

“Untuk TNI Polri, dalam Perpres ini dijelaskan bahwa iurannya adalah  2% yang dipotong dari gaji pekerja dan 3% dibayarkan oleh pemberi kerja,” lanjut Chohari.

Selain itu, masih menurut Chohari, di Perpres ini juga ditegaskan kembali bahwa sebagai abdi negara, mereka ini wajib terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Sosialisasikan Program JKN–KIS pada Satuan Kerja TNI–Polri oleh BPJS Kesehatan KCU Surabaya

“Semoga dengan sosialisasi ini, para satuan kerja TNI-Polri bisa lebih memahami JKN-KIS dengan lebih baik, sehingga bisa lancara dalam memperoleh jaminan pelayanan kesehatan jika suatu hari dibutuhkan,” kata Chohari.

Sementara itu, Direktur Personil Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya Tresna, yang juga hadir di acara sosialisasi bagi satuan kerja TNI-Polri tersebut, juga berharap tingkat pemahaman anggota TNI-Polri mengenai Program JKN-KIS bisa meningkat. Apalagi saat ini keanggotaan TNI Polri dan keluarganya untuk wilayah Kota Surabaya mencapai 68 ribu jiwa.

“Acara seperti ini bagus sekali dan harus sering dilakukan supaya kepahaman tentang program pemerintah ini bisa menyeluruh. Dan untuk ke depannya kami berkomitmen penuh untuk tetap memberikan pelayanan terbaik untuk peserta JKN-KIS sebagai upaya kami mendukung program pemerintah ini,” ungkap Tresna. (men)

Leave a Reply