BPJS Kesehatan Tambah Fasilitas Kesehatan Lewat Kerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah dan 21 Optik di Surabaya

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Dalam meningkatkan dan meluaskan pelayanan pada peserta program JKN-KIS, BPJS Kesehatan KCU Surabaya terus berupaya melakukan penambahan kerjasama dengan berbagai fasilitas kesehatan (faskes), maupun optik sebagai pendukung atau supporting kesehatan yang juga ditanggung BPJS Kesehatan.

Terkait dengan hal ini, BPJS Kesehatan KCU Surabaya pada hari ini, Jumat (14/12/2018) melakukan penandatnganan kerjasama dengan Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Surabaya, yang berlokasi di jalan KH Mas Mansyur No. 180-182 Surabaya.

“Dengan bergabungnya RS PKU Muhammadiyah ini dalam jajaran faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, tentu saja akan memperkuat, memperluas dan mempermudah pemberian pelayanan kesehatan pada peserta program JKN-KIS yang ada di Surabaya,” terang Kepala BPJS Kesehatan KCU Surabaya, Herman Dinata Mihardja, Jumat (14/12/2018).

Kepala BPJS Kesehatan KCU Surabaya, Herman Dinata Mihardja (kiri), bersama Direktur Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surabaya, Dr. dr. Enik Srihartati, M.kes., Sp.KK

Herman juga menyampaikan harapannya bahwa meski ada perbedaan dalam pelayanan di RS terhadap pasian program JKN-KIS dengan pasien umum, namun hendaknya RS bisa menerapkan manajemen resiko dengan sebaik-baiknya.

“Tentu ada perbedaan pelayanan untuk yang program JKN-KIS dengan pasien umum, karena kalau tidak ada perbedaan, ya pasti RS akan menanggung beban yang sangat besar. Namun seyogyanya RS harus bisa menerapkan manajemen resiko dengan baik, agar perbedaan pelayanan itu tidak terlalu terlihat atau terasa oleh pasien,” tambah Herman, sambil menekankan bahwa pelayanan tetap harus menjadi kunci dari RS.

Menanggapi pernyataan ini, Direktur Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surabaya, Dr. dr. Enik Srihartati, M.kes., Sp.KK mengatakan bahwa pihaknya akan sangat memperhatikan masalah pelayanan pada pasien peserta program JKN-KIS, karena memang sudah menjadi keinginan RS PKU Muhammadiah untuk melayanin peserta BPJS Kesehatan.

Penandatanganan perpanjangan kontrak kerjasama antara BPJS Kesehatan KCU Surabaya dengan 21 Optik di Surabaya

“Tentu kami akan sangat memperhatikan hal itu. Apalagi untuk bisa bergabung dengan BPJS ini bukan hal yang mudah kami lakukan. Untuk bisa sampai seperti sekarang ini kami membutuhkan proses yang cukup panjang,” terangnya.

Bergabungnya RS PKU Muhammadiah dalam jajaran fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS, menurut Enik, bukan menjadi akhir dari perjuangan, tetapi justru menjadi titik awal untuk bisa melayani masyarakat dengan lebih maksimal lagi.

“Semoga melalui kerjasama ini, bisa menjadi bagian amal soleh kami, kedepannya,” pungkas Enik.

Perbarui Kerjasama dengan 21 Optik di Surabaya

Selain melakukan kerjasama dengan  RS PKU Muhammadiah, hari ini BPJS Kesehatan KCU Surabaya juga melakukan penandatanganan perpanjangan kontrak kerjasama dengan 21 Optik di Surabaya untuk periode 2019.

Namun demikain, Herman Dinata Mihardja mengaku tidak membuat target berapa optik yang akan bekerjasama dengan BPJS karena memang optik merupakan supporting dari fasilitas kesehatan BPJS.

“Kami memang tidak memasang target jumlah untuk optik karena memang optik merupakan supporting dari faskes BPJS. Namun kami tidak menutup bagi optik yang ingin bekerjasama dengan BPJS. Tentunya setelah dilakukan credentialing atau penilaian apakah optik ini layak melayani peserta JKN-KIS atau tidak,” pungkas Herman. (men)

Leave a Reply