BPJS Kesehatan Terus Tingkatkan Jumlah FKTP di Surabaya

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – BPJS Kesehatan Cabang Surabaya terus meningkatkan jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Surabaya, guna memberikan pelayanan yang lebih baik dan mempermudah peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Herman Dinata Mihardja, dengan semakin banyaknya FKTP yang bergabung dan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan maka tentu masyarakat akan dimudahkan dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

BPJS Kesehatan Terus Tingkatkan Jumlah FKTP di Surabaya

“Kan kalau FKTP nya semakin banyak, maka sebaran fasilitas kesehatan (faskes) juga akan lebih merata di semua wilayah. Tentunya ini akan semakin mempermudah masyarakat peserta program JKN yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. Waktu tunggu pelayanan juga bisa diperpendek,” terangnya disela acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara BPJS Kesehatan Cabang Surabaya dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, di Surabaya, Kamis (10/1/2019).

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan kota Surabaya, drg Febria Rachmanita ini, juga diisi dengan diskusi bersama Kadis Kesehatan tentang berbagai persoalan yang muncul dan dialami FKTP, serta penjelasan tentang Perpres No. 82 Tahun 2018..

Dalam kesempatan itu, Febria juga menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota Surabaya sangat mendukung dan akan membantu setiap persoalan yang dialami FKTP selam terkait dengan regulasi dan kebijakan Pemerintah.

BPJS Kesehatan Terus Tingkatkan Jumlah FKTP di Surabaya

“Bahkan kami sedang mengusulkan sekitar 70 FKTP yang telah mengikuti bimbingan, untuk bisa mendapatkan akreditasi melalui dana alokasi khusus oleh Pemerintah,” terangnya.

Sementara dr. Stanley dari Klinikkita Kertajaya yang baru bergabung dengan BPJS sebagai FKTP mengungkapkan bahwa bergabungnya Klinikkita Kertajaya karena sekarang BPJS lebih mempermudah faskes yang ingin bergabung dan bekerjasama.

“Memang sekarang faskes lebih mudah bergabung dan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, meski tetap ada aturan-aturan yang harus kita penuhi,” terangnya pada kabarsurabaya.com.

Stanley juga menambahkan, selain kemudahan yang diberikan BPJS Kesehatan, bergabungnya Klinikkita Kertajaya yang merupakan klinik umum, gigi dan laboratorium ini dengan BPJS Kesehatan juga karena pihaknya ingin menjadi bagian dari program pelayanan masyarakat yang lebih luas lagi.

Tercatat dalam Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Surabaya dengan FKTP ini ada sebanyak 154 faskes yang melakukan perpanjangan, dan 4 faskes yang baru bergabung dengan BPJS. Adapun rinciannya adalah; 82 klinik pratama, 43 dokter praktek perorangan, 12 dokter gigi dan 17 faskes TNI/Polri. (men)

Leave a Reply