WITT Terus Perjuangkan Perda soal Rokok

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) Jawa Timur, sebagai sebuah organisasi nirlaba yang beranggotakan para wanita yang perduli tentang kesehatan, terus mendesak pemerintah kota Surabaya untuk segera menyelesaikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rokok.

Dra. Arie Soeripan, M.M selaku Ketua WITT Jawa Timur mengatakan bahwa organisasi ini bukan anti tesis bahkan bukan organisasi yang anti pada Para petani tembakau, pabrik rokok, buruh rokok, dan seluruh stakeholder Rokok di Indonesia.

“Namun kami hanya perduli pada kesehatan wanita dan generasi yang akan datang. Kedaulatan memilih ada ditangan anda masing-masing, mau sehat atau tidak. Kami bersuara dan terus berkampanye tentang kesehatan masyarakat,” terangnya di Surabaya, Selasa (29/1/2019).

WITT Terus Perjuangkan Perda soal Rokok

Arie juga menambahkan, WITT dalam visi misi nya ingin mendukung kegiatan kesehatan dan keperdulian pada lingkungan.

“Kami concern pada kesehatan umat manusia, khususnya wanita dan anak-anak dari bahaya asap rokok. Apapun yang berdampak buruk pada kesehatan maka kami akan memberi edukasi dan penyuluhan terus menerus kepada masyarakat untuk menghindarinya,” tambahnya.

Dalam kurun waktu 4 tahun ini, masih menurut Arie, pihaknya sudah melakukan beberapa kegiatan diantaranya; sosialisasi dan penandanganan spanduk bahaya merokok, champaign hidup sehat tanpa rokok di stasiun gubeng surabaya dan juanda airport, sosialisasi bahaya merokok di pasar keputran untuk para pedagang dan pengunjung, serta pendidikan tentang bahaya merokok dan hidup sehat untuk anak jalanan di wonokromo.

Sementara di sekolah, masih menurut Arie, WITT sudah melakukan sosialisasi Hidup Sehat Tanpa Rokok, di SD dan SMP Muhamadiyah Surabaya, SD Kutisari, SSB mitra Kebraon dan Universitas 17 Agustus. Selain itu juga diseminasi serangan iklan rokok thd anak sekolah, dan Yayasan Kanker Indonesia.

“Seluruh kegiatan tersebut kami lakukan secara independent dengan dana dan sumberdaya sendiri serta fund rising dan volunteer dari para srikandi di WITT,” tegas Arie.

Arie juga menekankan bahwa dalam pertemuan kali ini, pihaknya akan konsisten menyuarakan campaign mendorong pemerintah daerah Jawa Timur khususnya Surabaya untuk segera mengeluarkan PERDA tentang Rokok.

“PERDA tentang rokok ini dalam perspektif kami sangat penting sebagai payung hukum dalam penegakan aturan,” tegasnya. (men)

Leave a Reply