100%IN Surabaya Wani Nyoblos, Ajak Generasi Melenial Gunakan Hak Pilih

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Tingginya angka Golput dalam PEMILU 2014 lalu yang mencapai 25% lebih memang cukup memprihatinkan. Apalagi disinyalir yang paling banyak tidak menggunakan hak suaranya adalah dari kalangan anak muda.

Menyadari pentingnya partisipasi dalam PEMILU, khususnya bagi kalangan anak muda, We The Youth, sebuah gerakan anak muda yang membantu generasi millenials meraih impiannya, mengajak mereka untuk menggunakan hak pilih dalam PEMILU melalui kampanye 100% Indonesia Nyoblos” (100%IN) yang untuk di kota Surabaya mengambil tema “WANI MILIH”.

Acara “100%IN SURABAYA Wani Milih” yang akan digelar Minggu, 24 Maret 2019 bertempat di Hal. Parkir Grand City Convex mulai dari pukul 15.00 selesai ini, akan dimeriahkan oleh Shaggy Dog, Heavy Monster, Fraud, Blingsatan, Dandelions dan Sans Project.

100%IN Surabaya Wani Nyoblos, Ajak Generasi Melenial Gunakan Hak Pilih

Selain itu akan dihadiri oleh Garage Meet Up, community content yang berkaitan dengan display maupun perform community : Extreme BMX, Scooter Classic & Matic, Kustom Kultur, Street Art dan City Riding (Rolling thunder/ ride convoy community).

Fifi Tetra, Project Coordinator We The Youth, menjelaskan bahwa setiap orang tentu saja memiliki cita-cita atau setidaknya satu hal yang ingin dicapai di kehidupan. Tapi apakah mereka sadar bahwa pemerintah punya andil dalam perwujudan impian tersebut ?

“Disinilah partisipasi dalam memiiih pemimpin sangat penting, karena siapa yang akan memerintah nantinya, akan mempengaruhi kehidupan masyarakat ke depan,” terangnya, saat dijumpai di Surabaya, Jumat (22/3/2019).

Hal yang senada juga disampaikan Widy, Executive Director We The Youth, yang menjelaskan bahwa selain kegiatan 100%IN SURABAYA Wani Milih, pihaknya juga mengadakan Afternoon Cank’s atau Cangkruk’s Sore yang merupakan sharing session & coaching clinic komunitas bersama beberapa narasumber dari komunitas dan influencer.

“Di kegiatan ini, pengunjung bisa berdiskusi dan mengekspresikan diri, khususnya pemikiran mereka terkait pesta demokrasi yang akan kita rayakan sebentar lagi. Kebebasan berpikir dan berpendapat seperti ini juga berkat regulasi pemerintah. Mari kita jaga, dengan menentukan sendiri pemimpin yang sesuai aspirasimu dan mampu membawa Indonesia ke arah lebih baik,” ujarnya.

Diterima atau tidak, faktanya selalu saja ada alasan untuk tidak menggunakan hak pilih. Namun bagi Dharma Arief, vokalis band Blingsatan yang juga akan mengisi acara 100%IN SURABAYA Wani Milih, cita-cita kami dengan orang lain kan berbeda dan saya nggak mungkin menggantungkan hidup pada pilihan orang.

“Karena itu, jalan paling masuk akal adalah dengan menggunakan hak pilih dalam PEMILU sebagai bentuk aspirasi. Tunjukkan apa yang kalian inginkan lewat hak pilih untuk Pemiiu presiden maupun wakii rakyat,” tambahnya.

Namun demikian, masih menurut Dharma, perlu diingat bahwa apapun pilihan masing-masing, mari kita tetap saling menghargai. Karena berbeda bukanlah alasan bagi kita untuk berhenti mengasihi satu sama lain. Mari tetap menjadi bangsa yang kuat, demi Indonesia yang kian hebat,” lanjut Dharma.

Kampanye 100%IN sendiri, akan digaungkan dari bulan Januari hingga April di berbagai kota, diantaranya Palembang, Bandung, Solo dan Yogyakarta dan iainnya. Kampanye 100% INDONESIA NYOBLOS telah didukung oleh banyak public figure dan influencers seperti, Mahfud MD, Citra Scholastika, Reza Rahadian, Coki Pardede dan Tretan Muslim, Stella Cornelia, Rany Ramadhany, Surya Sahetapy, Gloria Jessica, Patricia Ranieta, ivan Kabul, Akbarry Noor dan masih banyak iagi. (men)

Leave a Reply