Dukung 10.000 Anak Melek Literasi di Jeneponto, Murid Sekolah Cikal Gelar Showcase Playground of Ujung Pandang

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Sekolah Cikal kembali merayakan kesuksesan perjalanan belajar murid-muridnya dalam 1 tahun ajaran, dengan menggelar subject showcase bertajuk “Playground of Ujung Pandang”. Subject showcase tersebut diadakan dibeberapa Sekolah Cikal, diantaranya; Sekolah Cikal Cilandak (5-7 April), Rumah Main Cikal Bandung (13 April), di Sekolah Cikal Serpong (27-28 April), dan di Sekolah Cikal Surabaya (27 April 2019).

Direktur Akademik Sekolah Cikal, Tari Sandjojo mengatakan bahwa Cikal memahami betul bahwa setiap anak adalah individu yang berbeda dan perbedaan tersebut diapresiasi dalam bentuk subject showcase ini, dimana siswa dapat memilih sendiri bidang studi sesuai dengan minat mereka, mengeksplorasi bidang studi tersebut kemudian para guru memfasilitasi minat mereka tersebut dalam kegiatan ini.

Kegiatan showcase bertajuk “Playground of Ujung Pandang” di Sekolah Cikal Surabaya

“Cara ini adalah sebagai wujud dari cara Cikal dalam mendesain pengalaman belajar siswa, dan juga sebagai perwujudan visi dan misi Cikal yaitu Kompetensi 5 bintang Cikal. Dan kami percaya eksplorasi beragam bidang studi dapat memperluas wawasan siswa dan mengenali beragam daerah di Indonesia juga akan membuat siswa lebih mengenal dan mencintai negara Indonesia,” terangnya di Surabaya, Sabtu (27/4/2019).

Subject showcase Playground Of Ujung Pandang ini juga merupakan yang ke 7 di Sekolah Cikal Surabaya, dimana setiap tahunnya mengusung tema yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan donasi (Playground Of : Mangrove, Papua, Borneo, Bali, Parahiyangan dan Minang).

Kegiatan showcase bertajuk “Playground of Ujung Pandang” di Sekolah Cikal Surabaya

“Tahun ini tujuan donasinya adalah dalam program melek literasi bagi 10.000 anak di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Dengan mengikutsertakan siswa dalam program ini, kami berharap siswa dapat memahami bahwa masing masing dari kita dapat terlibat dan berkontribusi untuk membuat perubahan yang positif di Indonesia,” tambahnya.

Diadakan rutin setiap tahun sejak 2010, subject showcase sendiri merupakan bentuk kegiatan murid-murid Sekolah Cikal yang berhubungan dengan subjek/pelajaran di seko|ah. Baik berupa pertunjukan seni tari, musik, teater, atau pameran dan lelang karya seni murid untuk kegiatan amal.

Untuk diketahui, kurikulum yang dijalankan Sekolah Cikal memang bertujuan untuk membentuk karakter murid-muridnya agar memiliki Cikal Kompetensi 5 Bintang, yaitu Mapan secara emosional, moral dan spiritual, Berwawasan luas dan berfisik sehat, Pemikir yang terlatih dan efektif, Pelaiar Merdeka, dan Anggota masyarakat dunia yang berdaya dalam mewujudkan keadilan, keberlanjutan dan kedamaian. (men)

Leave a Reply