Rapat Pleno Terbuka KPU Jatim Mulai Dilakukan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memulai tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilu 17 April 2019 di 38 kabupaten/kota se Jawa Timur. Rapat Pleno Terbuka KPU Jatim ini digelar Minggu 5 Mei 2019) hingga 9 Mei mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan, semua kota/kabupaten sudah menyelesaikan penghitungan suara. Hanya kota Surabaya yang sampai Rapat Pleno ini dibuka, belum menyelesaikan penghitungan.

Rapat Pleno Terbuka KPU Jatim Mulai Dilakukan

“Sampai dibukanya rapat pleno ini, kita masih menyisakan Kota Surabaya yang belum selesai melakukan penghitungan. Tapi ini kita lakukan secara beririsan, yaitu KPU Surabaya tetap melanjutkan penghitungan suara Pemilu yang belum selesai, sedang KPU Jawa Timur tetap melakukan penghitungan sampai selesai hingga 9 Mei mendatang, sambil menunggu kota Surabaya,” terangnya di sela pembukaan Rapat Pleno Terbuka di Hotel Singgasana Surabaya, Minggu (5/5/2019).

Anam juga menjelaskan bahwa setiap hari akan dilakukan penghitungan sekitar 7 sampai 8 kota/kabupaten yang ada di Jatim. Dengan demikian, maka selama 5 hari penghitungan, semuanya akan selesai.

“Untuk hari pertama ini akan dihitung 7 kota/kabupaten yaitu kota Kediri, kota Blitar, kota Pasuruan, kota Mojokerto, kota Madiun, kota Batu dan kota Probolinggo,” tambah Anam.

Adapun untuk hari-hari berikutnya, menurut Anam, akan dihitung masing-masing;

  • Senin 6 Mei : Kabupaten Nganjuk, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Lumajang, dan Pacitan.
  • Selasa 7 Mei : Kabupaten Trenggalek, Tulungangung, Blitar, Kediri, Bondowoso, Ponorogo, Jember, dan Banyuwangi.
  • Rabu 8 Mei : Kabupaten Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Madiun dan Magetan.
  • Kamis 9 Mei : Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Surabaya.

“Nanti setelah selesai penghitungan di Jatim, kita akan langsung melakukan proses rekapitulasi di tingkat nasional,” lanjut Anam.

Namun Anam juga berharap, proses rekapitulasi suara di KPU Jawa Timur ini bisa cepat selesai dan tidak harus menunggu sampai tanggal 9 Mei.

“Artinya, kalau dalam sehari penghitungan bisa dilakukan lebih cepat dan masih ada waktu, maka untuk penghitungan kota/kabupaten di hari berikutnya bisa dimajukan,” pungkas Anam. (men)

Leave a Reply