Rapat Pleno Terbuka KPU Jatim Dijaga Ketat

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Rapat Pleno Terbuka KPU Jatim terkait rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 yang sudah berlangsung mulai Minggu 5 Mei kemarin, mendapatkan penjagaan ketat dari para aparat kepolisian yang juga dibantu TNI.

Pada kesempatan ini (Selasa 6/5/2019), Kapolda Jatim, Irjen Pol. Luki Hermawan yang menyempatkan hadir langsung untuk memantau pengamanan di lokasi Rapat Pleno di Hotel Singgasana mengatakan, dalam melakukan pengamanan untuk memastikan kelancaran proses Rapat Pleno Rekapitulasi Perhituangan Suara Tingkat Provinsi ini berjalan lancer dan tanpa gangguan, Polda Jatim telah menyiapkan ratusan personel, termasuk tim penjinak bom (Jibom) hingga penembak jitu.

Kapolda Jatim, Irjen Pol. Luki Hermawan, saat memantau langsung pengamanan di lokasi Rapat Pleno Terbuka KPU Jatim di Hotel Singgasana, Senin (6/5/2019)

“Ini kami lakukan untuk menjaga kelancaran proses penghitungan suara, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” katanya, Selasa (6/5/2019).

Kapolda juga menjelaskan bahwa untuk pengamanan ini, pihaknya telah menyiagakan 270 personel yang ditempatkan dalam tiga ring pengamanan, dengan 100 anggota yang stand by penuh di lokasi Rapat Pleno. Sedangkan 170 lainnya akan bertugas bergantian. Pasukan yang disiagakan yakni Gegana Polda Jatim, Shabara, Brimob, penembak jitu, serta kendaraan antihuru-hara, serta dukungan dari TNI.

“Kami akan all out untuk mengamankan rapat pleno di tingkat provinsi ini. Dan alhamdulilah sejauh ini pleno di tingkap kabupaten/kota sudah berjalan lancar. Ya meskipun masalah-masalah kecil memang ada, tetapi semua dapat diatasi,” tambah Luki.

Diketahui, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi KPU Jatim ini akan berlangsung hingga Kamis (9/5/2019) mendatang, dengan agenda penghitungan terhadap hasil suara di 38 kota/kabupaten dengan pembagian;

  • Minggu 5 Mei : kota Kediri, kota Blitar, kota Pasuruan, kota Mojokerto, kota Madiun, kota Batu dan kota Probolinggo
  • Senin 6 Mei : Kabupaten Nganjuk, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Lumajang, dan Pacitan.
  • Selasa 7 Mei : Kabupaten Trenggalek, Tulungangung, Blitar, Kediri, Bondowoso, Ponorogo, Jember, dan Banyuwangi.
  • Rabu 8 Mei : Kabupaten Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Madiun dan Magetan.
  • Kamis 9 Mei : Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Surabaya. (men)

Leave a Reply